Gambar terkait

Zetizen.jawapos.com - Apa kamu memburu beasiswa luar negeri? Kabar bahagia nih buat kamu datang dari Prestigious State yang cukup terkenal dengan Blue Mosque. Yes, Pemerintah Turki kembali menawarkan Turkey Scholarship 2020 untuk program Undergraduate dan Postgraduate, seperti S1, S2, dan S3. Menariknya beasiswa yang diberikan Fully Funded loh.

Turkey Scholarship dibuka dari tanggal 15 Januari – 20 Januari 2020. Kamu bisa mendaftar langsung dengan mengunjungi laman Turkiye Scholarships Burslari dan bisa juga mendaftar langsung di laman universitas pilihan kamu. Yes, kamu bisa apply untuk melanjutkan studi di seluruh universitas yang ada di Turki dengan program beasiswa ini. So, What should we need to know?

 

 

 

Belajar Bahasa Gratis

Statue Attaturk Istanbul (foto:Karabukoncuhaber.com)

Well, karena bahasa resmi Negara Turki adalah bahasa Turki, jadi kamu perlu banget bisa bahasa aslinya agar kamu bisa survive nanti disana. Nggak hanyata itu, juga ada beberapa jurusan menggunakan bahasa resmi negara Turki. Tapi, juga ada beberapa jurusan lainnya yang menggunakan bahasa Arab, Inggris, dan Perancis sebagai pengantar mata kuliah.

Jangan khawatir setelah kamu diterima beasiswa, kamu akan mendapat kursus bahasa Turki secara gratis selama satu tahun sebelum masuk perkuliahan. Kursus tersebut yang diberikan langsung oleh pemerintah Turki. Free Turkish Language Course merupakan bagian dari cakupan beasiswa.

 


Fully Funded


Selain itu, karena Fully Funded tentu kamu akan mendapat beasiwa penuh, tempat tinggal, akomodasi, dan asuranasi kesehatan. Kamu juga akan mendapat tiket pergi pulang Indonesia-Turki dengan gratis dari pemerintah Turki langsung. Tapi, selama perkuliahan kamu cuma dapat 2-3 kali tiket PP. So, manfaatkan sebaik-baiknya peluang itu iya! Misalnya untuk bertemu keluarga.


Banyak Program yang Ditawarkan


Kalau biasanya beasiswa cuma ditawarkan untuk beberapa sistem aja, lewat program ini kamu bisa memilih jalur yang sesuai dengan passion dan juga kondisimu saat ini. Misalnya kalau saat ini kamu masih menempuh kuliah, kamu bisa mendaftar di program Undergraduate Scholarship Program. FYI, program ini dikhususkan untuk kamu yang datang dari jruusan teknik, kesehatan hingga fakultas sosial. Ada juga program Post-graduate untuk fresh-graduate dan kandidat PhD.


Bisa Memilih Jangka Waktu Kuliah


Nggak kuat lama-lama jauh dari orangtua? Kamu bisa memilih program short term alias jangka waktu singkat. Untuk kamu yang pengen menghabiskan waktu 1 tahun di Turki, ada beasiswa bertajuk Success Scholarship Program yang hanya memberikan money stipend alias gaji bulanan. Sementara untuk kamu yang sedang melakukan penelitian disana, kamu bisa mengikuti program Research Program yang dilakukan selama 3-12 bulan. Program ini dikhususkan bagi kandidat PhD atau untuk kamu yang menempuh pendidikan S2. Jadi, mau mengembara berapa lama? Choose wisely

---

Editor: Rafika Yahya


Share
Create Your Own Article!