Climate change makin sering digaungkan dengan berbagai isu lingkungan yang kita temukan di sosial media maupun berita televisi. Alam sudah cukup tua untuk menahan rasa sakit. Sudah saatnya kita sebagai generasi muda turut andil untuk menyelamatkan lingkungan. Lewat pemilihan sustainable fashion, kalian telah berkontribusi menjadi seorang change maker. Lantas, apa aja sih yang menjadi kelebihan dari sustainable fashion? (mel/c12)

1. Comes with Natural Fibre

Pemilihan bahan untuk pakaian termasuk yang memakan waktu lama dalam proses produksi. Dengan memperhatikan unsur bahan yang berkualitas tinggi, sustainable fashion juga mempertimbangkan kesinambungan dengan pewarna alami dan kenyamanan untuk kulit. ”Dengan menggunakan bahan seperti katun dan linen yang lebih breathable, itu akan lebih mudah menyerap keringat sehingga cocok untuk iklim tropis. Berbeda dengan polyester yang membuat keringat mengendap dan malah mengakibatkan bau badan,” jelas Santika Syaravina, co-founder Jalin.

wardrobe: Jalin / foto: Jefri/Zetizen Team

 

2. Eco Friendly Dye-ing Process

Industri tekstil dan fashion merupakan salah satu penyumbang limbah laut terbesar di dunia. Dilansir dari NBR, sebanyak 57,8% populasi penduduk di Indonesia telah terkena penyakit yang disebabkan polusi air. Pewarnaan kimia yang digunakan di industri fashion sering menjadi penyebab terbesar tercemarnya air. ”Dengan mengandalkan pewarna alami seperti buah jelawe, soga tingi, dan indigo yang aman dan ramah untuk lingkungan,” ungkap Santika. Dampak memilih pewarna alami nggak main-main loh! Dalam 3 tahun prosesnya, Jalin berkontribusi besar untuk tidak menyumbangkan 11.560 liter pewarna kimia beracun ke sungai. Keren!

Teknik natural dye Jalin (sumber: syaravina.squarespace)

 

3. Timeless Design

Model pakaian yang timeless dan mudah di-mix and match menjadi elemen utama bagi setiap brand sustainable fashion. Dengan tone warna basic, kreasi dari pengembangan pakaian yang dikenakan dengan permainan padu padan bisa mengurangi overconsumption pembeli. Nggak ada alasan lagi deh untuk mati gaya dan tentunya bisa berkontribusi juga untuk impact lingkungan ke depan. Be wise with your every choice, include fashion.

 

MODEL: FARHANA (SMA ULUL ALBAB)

MAKEUP: GABRIELLE ANASTASIA PARAMITHA (@GABRIELLEAP_/081230833088)

WARDROBE: JALIN (@MENJALIN/0818405440)

FOTO: JEFRI/ZETIZEN TEAM

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!