Zetizen.com - Apa sih yang bakal kamu lakukan setelah lulus sekolah atau kuliah? Kalau jawabannya kerja, jangan buru-buru melamar pekerjaan dulu sebelum melihat pekerjaan yang bakal tren selama tahun 2020 ini. Seiring dengan berkembangnya zaman, did you know? Perusahaan-perusahaan bukan cuma mencari sosok yang cerdas, tapi juga skillfull dan kreatif. Otomatis, ada banyak profesi baru yang bakal ngetren dan bakal dicari banyak perusahaan. Apa aja?

 

 

 

 

Remote Working

(foto:Mitrefinch.com)

Pernah dengar GIG Economy? Yup, salah satu model pekerjaan yang sempat menjadi trend di tahun 2019. Dilansir dari Fast Company GIG Economy perusahaan dengan model flexible work, seperti freelancer and kontraktor bakal hilang. Flexible work ini di tahun 2020 nggak banyak dibutuhkan lagi. Karena seiring berkembangnya zaman, kini beralih ke Remote Working.

Dilansir Fast Company yang dikutip dari The Global Workplace Analytics and FlexJobs, pekerjaan Remote Working berkembang menjadi 91% untuk 10 tahun terakhir. Nggak heran, pekerjaan Remote Working banyak dibutuhkan karena belakangan ini banyak perusahaan telah beralih untuk mengoperasi keseluruhan sistem perusahan dengan kekuatan sekali pencet tombol beres. Nggak perlu sistem yang ribet dan pekerja yang banyak. Exactly, menggunakan remote control.

Well, orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut nggak harus stay bersamaan di kantor. Tapi, setiap pekerja bakal dapat waktu yang berbeda. Biasanya setiap perusahaan cuma ada satu atau dua anggota remote team. Dan biasanya setiap anggota hanya mendapat pilihan untuk mengontrol remote tersebut bisa sehari atau dua hari dalam seminggu. Maybe, pekerjaan ini seperti mahasiswa lulusan Sistem Informatika.


HR Chatbots

(foto:graveyardshfttrave.com)

Salah satu pekerjaan ini biasanya sering kita sebut dengan tim IT atau juga bisa customer service, hanya saja pekerjaan tersebut di tahun 2020 semakin berkembang dan semakin menjadi tren. Semua itu karena lagi-lagi zaman sudah berubah. So, pasti otak perusahaan menyesuaikan dan sejalan dengan perkembangan yang ada.

Kalo kamu tahu sekarang ini semua sektor ekonomi berbasis digital, jadi costumer service sudah bakal hilang. Maksudnya costumer service nggak perlu lagi kaya masuk kantor seperti pada umumnya. Tapi, bisa dilakukan di manapun. Ini yang dinamakan dengan HR ChatbotsHR Chatbots merupakan jenis pekerjaan layaknya costumer service hanya saja berbasis digital, flexible, dan lebih cepat. Nggak perlu datang ke kantor. Cukup memantau layar gadget di tempat sesuka hati, kalo ada message dari pelanggan bisa dengan cepat memberi respon. Pekerjaan ini juga memberi waktu yang lebih untuk fokus pada pertanyaan dan interaksi yang lebih dalam.

Basisnya digital, jadi pekerjaan ini membutuhkan orang dengan daya respon yang cepat pada semua pelanggan perusahaan. Dengan segala pertimbangan yang matang. Nggak hanya itu, potensi dari pekerja HR Chatbots bisa juga menjadi interviewer atau pewawancara berbasisi digital. Dengan memberi beberapa pertanyaan kemudian dapat langsung menganalisis jawaban yang ada. Sebelum akhirnya memutuskan untuk mengundang tatap muka. Well, pekerjaan ini kaya mahasiswa dengan baground komunikasi, jurnalistik, atau bisa juga public relation. Bisa jadi Admin media sosial gitu!

 


Mobile Job Seeker

(foto:money.com)

Kalo satu ini kayanya kalian sudah nggak asing lagi. Yes, perusahaan-perusahaan layaknya start-up, seperti Go-Jek dan Grab lainnya menjadi tren di tahun 2020. Nggak heran, sekarang banyak sekali orang yang ingin serba mudah dan cepat demi keperluan dan kebutuhan sehari-hari, mulai dari pergi dating hingga shopping. So, Mobile Job Seeker dibutuhkan banget. Mereka adalah orang yang bekerja membuat sebuah aplikasi dan mengoperasi aplikasi tersebut.

Perusahaan ini butuh banget anak muda yang memiliki skill coding dan kreativitas yang tinggi. Selain membutuhkan skill coding, Mobile Job Seeker perusaahaan juga membutuhkan ragam inovasi-inovasi kreatif dalam aplikasi hingga dapat menarik setiap pelanggan untuk menggunakan aplikasi tersebut. Hal yang paling penting sih kamu juga dapat mengoperasikan sistem yang ada di dalam aplikasi tersebut. Did you know? Pemasukan untuk perusahaan cukup besar loh. Kalo aplikasi tersebut banyak didownload.

So, kamu nggak perlu takut dan khawatir. Di samping fokus dalam satu bidang tertentu. Kamu juga bisa mulai dari sekarang sedikit demi sedikit mulai mengembangkan kemampuan ke arah skill yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan zaman, baik yang masih sekolah, kuliah, atau sudah lulus. So, go forward and never give up!

--

editor: rafika yahya

 


Share
Create Your Own Article!