Bicara soal musik, Indonesia nggak pernah kehabisan cerita. Seiring berjalannya waktu dan bergantinya tren, selalu saja ada musisi-musisi yang muncul ke permukaan. Mereka membawa nuansa baru untuk memberikan variasi sekaligus memanjakan telinga penikmat musik tanah air. The Panturas, salah satu contohnya.

Meski bukan band pertama yang memopulerkan aliran musik surf rock di Indonesia, nama The Panturas selalu masuk perbincangan mengenai genre tersebut. Selain memang popularitasnya sedang naik, band asal Jatinangor ini sering berkolaborasi dengan musisi lain seperti Mocca dan Feast. Mereka juga aktif berinteraksi dengan pengikutnya di media sosial.

Terdiri atas Abyan (vokalis & gitaris), Rizal (gitaris), Bagus Patria (bas), dan Surya (drum), The Panturas berselancar dengan asyik di industri musik tanah air. Buktinya, album pertama mereka, Mabuk Laut (2018), mendapat sambutan yang positif dari pendengar musik lokal. Hal tersebut membuat mereka semangat untuk terus berkarya.

’’Tahun ini kami mau masuk studio lagi sih. Kami mau godok lagu baru supaya The Panturas jadi fresh lagi. Nggak tahu nanti jadinya album atau single, yang penting bikin dulu,’’ ujar Surya. Untuk tur, mereka belum memiliki rencana karena beberapa personel merupakan pekerja kantoran.

Meski sudah malang melintang di berbagai festival musik bergengsi tanah air dan berkolaborasi dengan musisi ternama lainnya, ternyata masih ada harapan yang pengin mereka lakukan. ’’Pengin manggung di Burger Boogaloo atau Beach Goth Festival di Amerika Serikat. Tapi, sekarang kondisi politiknya lagi nggak santai, jadi cukup jadi angan-angan dulu aja deh buat saat ini,’’ jelas Surya. Selain itu, dia berharap bisa bikin lagu bareng Om Robo (Sundancer, Southern Beach Terror).

Munculnya genre baru dalam dunia musik tanah air adalah suatu hal yang baik. Fenomena tersebut dapat menghindarkan pendengar dari kejenuhan dan keseragaman musik. Surya juga berharap musisi surf rock semakin ramai biar banyak teman-teman yang bisa diajak sharing bareng. Well, maju terus industri musik Indonesia!

Share
Create Your Own Article!