Hasil gambar untuk anti inflammation, cannabis
harvard health

Zetizen.jawapos.com - Ganja buat skin care? Dengar hal ini mungkin aneh bagi sebagian orang. Tapi, dalam jurnal Cannabidiol exerts sebostatic and antiinflammatory effects on human sebocytes. Tahun 2014, ganja yang dikenal sebagai cannabis, dijadikan sebagai bahan utama yang menjanjikan untuk perawatan kulit dan rambut. Tumbuhan yang sering dijadikan sebagai obat ini, juga ampuh menyembuhkan bermacam penyakit.

Namun, penggunaan ganja ini menjadi tidak diperbolehkan. Dilansir dari penelitian kesehatan mental di Oxford University, bahwa ganja bisa meningkatkan resiko depresi jika digunakan secara terus menerus. Mereka juga menganalisa bahwa 400.000 kasus depresi dikaitkan dengan paparan ganja di usia remaja loh. Terlepas dari itu semua, MUI juga telah mengharamkan terkait konsumsi ganja sejak lama.

Dilansir dari jurnal konsep makanan halal kemenag, Muchtar Ali, halal dan haramnya suatu hal adalah terkait kesehatan dan kenyamanan. So, kalau si cannabias aja bikin depresi, kamu bisa menyimpulkan kan gimana baik dan tidaknya? Nah, beda cerita lagi kalau buat kecantikan. Kamu nggak bisa menggunakan dalam bentuk mentah. Melainkan bentuk ekstrak atau biji rami. Tanaman ini juga mengandung vitamin dan asam lemak yang bermanfaat bagi kulit. Selain itu, apa manfaatnya?

 

Mengatasi Jerawat

daun ganja (foto:mind body green)

Jerawat adalah salah satu masalah yang paling bikin greget. Hal ini bakal dirasakan sama orang yang insecure sama jerawat sih. Nah, ganja bisa nyembuhin si jerawat-jerawat bandel. Dengan kandungan kanabinoid dalam ganja, bisa bantu buat ngatur produksi sebum. FYI, sebum inilah yang secara aktif mengendalikan jerawat. Kalau untuk penggunaan aman sih, takarannya nggak bisa kamu tentukan sendiri. Tapi, sejak 2018 kemarin udah hadir dalam produk Vertly dalam bentuk krim wajah, oil, dan lip balm.


Menenangkan Kulit

kandungan kanabinoid THC dan CBC (foto:green culture)

Punya sifat antiinflamasi, ganja bisa bantuin buat menenagkan kulit. Selain itu juga bisa mengurangi peradangan, ngatasi iritasi maupun kemerahan kulit gitu. Kandungan kanabinoid kaya misalnya THC da CBC inilah yang punya sifat anti inflamasi. Dengan kandungan tersebut, ganja bisa menyembukan rasa sakit gitu.


Menenangkan Kulit Kering

minyak biji rami (foto:healthline)

Buat kita yang hidup di negara tropis, kulit kering udah sering kita alami. Kalau masalah satu ini, juga bisa diatasi sama ekstrak ganja. Alias minyak biji rami. Punya kandungan asam lemak esensial kayak omega-3 dan omega-6, bisa banget loh buat melembabkan kulit. Nah, minyak biji rami bakal secara efektof memelihara dan melembabkan kulit buat melawan kulit kering dan gatal-gatal juga.


Anti Aging

Produk beauty care Neiman Macus dengan kandungan ganja (foto:Haute Living)

Next, ganja juga bisa digunakan untuk anti aging alias mencegah penuaan pada kulit. Kamu juga bisa pakai minyak ganja buat mengurangi garis-garis halus akibat banyak mikir atau stress berlebihan. Vitamin C dan E hadir di dalamnya membantu meningkatkan regenerasi sel kulit dan produksi kolagen yang membuat kulit terasa lembut, kenyal dan awet muda.

Meskipun bisa jadi anti aging, tetep aja kalau dengan pemakaian yang nggak pas, bakal bikin jadi haram lagi. Alasannya karena, bisa menyebabkan depresi kalau dihirup nih minyak. Nah, balik lagi sih. Penggunaan aman adalah ketika pakai product olahan. Produsen beauty care Neiman Macus juga ngelirik pasar cannabias ini. Mereka bikin sabun cair sampai minyak anti-aging gitu.


Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Mia Necia Naylor (foto:w magazine)

Asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam minyak rami, juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Dan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, bisa memberi rambut dorongan protein. Yang bakal mengarah pada pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.


Memperbaiki Kulit Kepala

Breaktrough study find another compound in cannabias (foto:Waking Times)

Seperti yang dikatakan sebelumnya, ganja punya kandungan vitamin dan asam lemak esensial. Nah, dua zat ini yang bekerja dengan baik untuk memelihara dan melembabkan kulit kepala. Selain itu, sifat antiinflamasi ganja memiliki efek menenangkan pada kulit kepala loh.

So, sebenernya tuh ganja bagus buat kesehatan. Kalau dipakai dengan benar sih. Nah, kalau masih pengen tau lagi soal ganja, baca disini.


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!