Zetizen.jawapos.com- Everyone have dream. Everyone have goals. Nggak salah kalo kamu mulai buat perencanaan atau planning untuk mimpi-mimpi yang ingin kamu raih di masa depan. Selain bermanfaat untuk mematangkan strategi juga bakal jadi memory keeping. Tapi, rasanya bingung harus ditulis dimana dan dibuat seperti apa. Let's meet Planner Addict Indonesia (PAI) salah satu komunitas yang mengajak seluruh anak muda untuk semangat meraih cita-cita dan mimpi melalui pembuatan jurnal atau planning book. Komunitas PAI sudah berdiri sejak 5 tahun lalu. Berdirinya komunitas ini berawal dari bertemunya beberapa orang yang memiliki hobi yang sama yaitu journaling dan planning secara manual di notebook. Akhirnya sejak itu beberapa dari orang tersebut memutuskan untuk berbagi manfaat dari hobinya tersebut. Mengawali hal itu dengan mengajak seluruh anak muda di Indonesia untuk bergabung di komunitas PAI dengan berbagai macam strategi.

"Strateginya sederhana dengan repost karya-karya baru dari journal atau planning, mengadakan giveaway yang bekerja sama dengan beberapa sponsor. Selain itu, juga mengadakan workshop serta meet up di beberapa kota," ucap salah satu anggota PAI, Bidasari.

As we know, zaman sekarang orang lebih suka mengutak atik banyak hal secara digital. Alhasil, pembuatan jurnal secara manual di buku jadi berkurang. Tapi, kamu juga tetap bisa belajar cara menulis target dan rencana secara manual bersama PAI. Serunya lagi, kamu bakal diajak untuk bebas mendesain dan berkreasi dengan rencana yang kamu punya.

"Kami hanya berbagi apa yang kami tahu. Kami melakukan apa yang buat anggota merasa nyaman. Selebihnya kami ikut mengembangkan kreatifitas dengan gaya journaling dan planning masing-masing," jelas Bidasari. Tapi, kamu nggak akan dibiarkan untuk membuat jurnal tanpa arahan. Soalnya, tetap ada sesi controlling yang berfungsi untuk menemani kamu. Terus, kamu juga bakal terus diberi semangat agar tetap stick to the plan. "Tidak ada tekanan karena beberapa orang ada yang berkomitmen buat journal untuk beberapa tahun. Sedang yang lain ada yang juga buat journal untuk pelampiasan stress, hobi, atau sarana rekreasi," ujar komunitas PAI.

Nggak hanya itu untuk menjaga semangat para anggota, komunitas PAI kerap mengadakan workshop.  Hanya saja workshop nggak cuma diadakan oleh komunitas PAI sendiri. Tapi, juga diadakan oleh masing-masing anggota. "Biasanya workshop juga diadakan member secara pribadi hanya sebagai wadah untuk promosi dan juga kami mengadakan sendiri dengan didukung sepenuhnya oleh sponsor-sponsor stationery, baik itu alat tulis, stiker, notebook," ucapnya.

Well, manfaat membuat journal atau planning banyaj sekali. Mulai dari menjadi sarana rekreasi, mencurahkan isi hati, bercerita tentang hal-hal yang terjadi setiap hari, harapan-harapan di kemudian hari,  hingga mimpi-mimpi yang ingin di raih di masa depan. Pengaruh komunitas ini untuk masa depan tentu nggak dipertanyakan lagi. Banyak banget yang bakal kamu dapat dengan bergabung di komunitas PAI. "Jurnal bisa menjadi sarana memory keeping, bisa menjadi refleksi kita, pencapaian cita-cita, ajang kreatifitas, dan tentunya banyak teman baru dalam komunitas yang mempunyai persamaan, yaitu sama-sama mencintai dunia journaling," tutup Diana Ang salah satu dream team PAI.

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!