Zetizen.jawapos.com - Siapa yang pengen hemat dan bisa nabung? Beasiswa dari Yayasan Van Deventer-Maas (VDMS) bisa jadi jawaban,. Yayasan nonprofit ini punya tujuan utama meningkatkan pengembangan pendidikan, khusus buat perempuan Indonesia. FYI, Yayasan ini dimulai saat perjuangan R.A. Kartini dulu. Lebih dari 60 tahun kematian Betsy Maas, VDMS tetep menggunakan pemdapatan dana hibah buat promosiin cita-cita dari R.A. Kartini, Coen Van Deventer dan Betsy Maas. Tentunya hal ini sejalan sama keinginan mereka juga, yang pengen kemajuan pendidikan perempuan di Indonesia. Jadi, beasiswa ini nggak mengharuskan kamu untuk pergi ke Belanda. Karena beasiswa diberikan ketika kamu menempuh kuliah di universitas tempatmu belajar.

Yang lebih keren lagi, beasiswa ini mencakup hampir semua kampus di Indonesia loh. 35 universitas dan satu sekolah menengah. Pastikan yah, kalau kampus kamu jadi partner dari VDMS sendiri menyiapkan sekitar 800 beasiswa tiap tahun buat muda-mudi di Indonesia. Nah, sebelum daftar, yuk simak beberapa informasi berikut.

Bentuk Cakupan Beasiswa

(foto:scholars official)

Kamu bakal dapat bantuan dana pendidikan sebesar Rp. 650.000. Dana ini bakal langsung cair ke rekening pribadi kamu loh. Nah, selain itu, kamu juga bakal dapat provit lain. Bakalan dapat satu kali bonus TOEFL dan kalau kamu bisa lulus ontime, juga ada bonus yang menanti. Setelah lulus pun, VDMS masih ngasih beasiswa. Hal ini berupa pelatihan pengembangan kapasitas pribadi. Kalau yang satu ini kamu juga harus tes lagi. FYI, biaya pelatihan juga bakal full ditanggung sama VDMS loh.


Jangka Waktu Beasiswa

(foto:vas-vdms-scholarship.org)

Seperti kebanyakan beasiswa, kamu bakal dituntut dari segala hal. Mulai dari IPK sampai kelulusan. Nah, VDMS sendiri mulai diberikan saat tahun kedua masa perkuliahan. Jadi, mulai semester 3 sampai semester 8. Pengecualian nih, kalau kamu nggak bisa mempertahankan IPK diatas 3,00, cuti, nggak konfirmasi penerimaan dana dan nggak ngasih laporan sama sekali, beasiswa ini bakalan dicabut.


Syarat Pendaftar

(foto:kemahasiswaan-unair)

Beberapa jurusan sebenarnya juga nggak masuk dalam pembiayaan dalam beasiswa ini. Apa aja nih yang termasuk jurusan penerima?

1. Pertanian

2. Arsitektur

3. Seni Budaya

4. Biologi

5. Kimia

6. Matematika

7. Fisika

8. Komunikasi

9. Ekonomi

10. Pendidikan

11. Teknik

12. Bahasa

13. Kehutanan

14. Geografi

15. Kesehatan/Kedokteran

16. Sejarah

17. Informatika

18. Statistik

Buat persyaratan lainnya, seperti kelengkapan dokumen, esai dan dokumen dari kampus.

Nah, pendaftaran beasiswa VDMS ini punya beberapa tahap. Antara lain, kamu harus ngisi pendaftaran online dulu. Setelah itu, kamu baru ngunduh form daftar dokumen yang harus dilengkapi. Last but not least, jika kamu udah dapat undangan ke tahap dua, baru deh ngumpulin berkas persyaratan kepada person in charge di kampus masing-masing.

Yang lebih keren lagi, beasiswa ini mencakup hampir semua kampus di Indonesia loh. Kamu udah bisa mulai daftar beasiswa dalam negeri yang satu ini mulai 10 februari hingga 10 Maret 2020. So, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kamu disini.


Share
Create Your Own Article!