Zetizen.jawapos.com – Kata orang, film bagus adalah yang mampu menyajikan isu sensitif, baik yang lagi ramai dibincangkan atau yang kontroversial. Kayaknya Birds of Prey dibuat berdasarkan pemahaman itu. Dengan tajuk orinisil Birds of Prey: And the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn. Film yang disutradarai oleh Cathy Yan ini terkesan memaksakan isu emansipasi dalam konflik antara Harley Quinn (Margot Robbie) vs Black Mask (Ewan McGregor).

Kostum unik jadi salah satu pemanis film (foto: IMDb)

Film dibuka dengan scene super tempting dari breakfast sandwich Harley. Yang kemudian tiba-tiba diserang oleh Montoya (Rosie Perez), detektif sekaligus bagian dari GPD (Gotham Police Department) yang sedang menyelidiki pencurian berlian yang didalangi oleh Roman Sionis a.k.a Black Mask. Dalam pelariannya, Harley bertemu dengan korban-korban yang masih menyimpan dendam padanya. Salah satunya adalah kroni-kroni Sionis. Mengingat banyak banget hal buruk yang pernah dilakukan Harley pada Sionis, nggak heran kalau nyawanya - yang sekarang jadi mantan Joker dan nggak punya back-up – kini di ujung tanduk. Di bawah kejaran musuh-musuhnya, Harley pun harus menemukan Cassandra Cain (Ella Jay Basco), remaja broken home yang mencuri berlian.

Dinah Lance (Jurnee Smollett-Bell), kiri, disebut sebagai Sionis's bird karena dianggap nggak berdaya (foto: IMDb)

Cerita makin kompleks dan epik waktu ternyata berlian yang dicuri Cain menyimpan kode brankas yang mampu membuka kekayaan mafia Bertinelli. Dalam perjalanannya, Harley pun bertemu dengan 'birds' lainnya. Seperti the Singer Dinah Lance a.k.a Black Canary (Jurnee Smollett-Bell) hingga Huntress (Mary Elizabeth Winstead). Sebutan birds disematkan karena mereka nggak lebih dari sekedar burung penghibur. Kecil dan nggak berdaya. Bersama-sama, mereka melawan pembunuh bayaran yang disewa Sionis sekaligus mencegah Sionis melakukan tindakan yang jauh lebih buruk.

Cassandra Cain jadi top most wanted kid karena membawa berlian yang diincar Sionis (foto: IMDb)

Terdengar terlalu sederhana? Ternyata enggak karena Cathy Yan cukup cerdas memainkan alur seolah Harley sedang bercerita. Mulai dari tiba-tiba mundur ke latar belakang dendam Sionis, hingga bagaimana Harley berjuang setelah putus dengan Joker. Visualnya juga unik. Lucu banget! Gotham nggak jadi gelap kayak di film Joker versi Joaquin Phoenix (2019) atau film-film Batman. Selain kostum Harley yang colourful dan cantik, Harley punya segudang senjata dengan banyak kejutan. Seperti confetti hingga senjata asap warna-warni.

Melawan Sionis ternyata menciptakan bonding antara mereka (foto: IMDb)

Yang paling mengganggu selama 1 jam 49 menit adalah akting Ewan yang nggak total. Zetizen nggak paham sebenarnya Ewan mau jadi psikopat atau orang gila. Tawanya nggak lepas, kostumnya nanggung, make-up statement-nya juga nggak jelas. Masih emotionless seperti Doctor Sleep (2019). Hal lain yang patut disayangkan adalah kesan emansipasi yang terasa dipaksakan.

Memerankan Sionis, seharusnya Ewan McGregor tampil total. Sayangnya nggak (foto: IMDb)

Emansipasi yang selama ini kita pahami sebagai semangat atau upaya untuk mendapat kesetaraan, baik hak maupun peran, rasanya nggak ada disini. Nah, disini seolah-olah semua kawan Harley ingin mendapatkan emansipasi itu, tapi latar belakangnya nggak jelas. Kalau Montoye, jelas dia ingin mendapatkan pengakuan dari tempatnya bekerja. Tapi gimana dengan Dinah Lance yang berprofesi sebagai penyanyi dan driver Sionis? Jelas kalau dia berusaha untuk melawan musuh dan orang yang dia benci. Bukan meraih hak dan kesetaraannya. Hal itu juga yang terjadi pada Huntress. Sementara Cassandra Cain masih terlalu kecil untuk mencapai emansipasi.

Cathy Yan, kanan, mengarahkan Margot di adegan fighting (foto: IMDb)

Apart of those, Birds of Prey tetap menyajikan aftertaste yang menyenangkan. Margot Robbie benar-benar berakting dengan imut, lucu dan jahat di saat yang bersamaan. Makin cantik dengan beragam baju lucu dan tato unik. She really got the break up glow. Jauh lebih baik dari film Suicide Squad (2017).

6/10

Share
Create Your Own Article!