Zetizen.jawapos.com – Setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan dua WNI di Jakarta positif corona, kayaknya hampir semua orang jadi panik. Seolah virus corona bakal membunuh seluruh warga Indonesia. Hal ini diperparah dengan kemunculan berbagai hoax tentang Corona. Daripada bingung, yuk tangkal hoax dengan fakta berikut ini.

Harus Sering-sering Makan Bawang

(foto:IMDb)

Katanya makan bawang bisa menangkal persebaran virus. Tapi, sampai berita ini ditulis, WHO belum menemukan bukti kalau bawang putih bisa melindungi orang-orang dari virus. Kalau dari drakula sih bisa. Hiiiii


Ada Obat Tertentu yang Bisa Jadi Penangkal

(foto:cdc)

Sampai saat ini, belum ada satupun jenis obat yang mampu mengurangi rasa sakit penderita maupun menghapus penyakit corona sampai sembuh total. Di tengah ketakutan masyarakat atas penyakit ini, semua elemen kesehatan masih sama-sama berupaya untuk menemukan obatnya. Jadi jangan langsung percaya kalau menerima informasi tentang salah satu jenis obat yang bisa bikin kita terhindar dari Corona ya. Jawabannya adalah dengan menghindari Corona dengan rutin cuci tangan dan menjaga kebersihan.


Lampu UV Menangkal Virus Corona

(foto:indiamart)

Apa kamu sempat mendapatkan pesan berantai yang bilang kalau daripada cuci tangan, mending arahkan tangan ke lampu UV untuk mematikan bakteria? Jawabannya salah. Lampu UV nggak bisa mensterilkan tangan atau bagian tubuh lain dari bakteri. Malahan, radiasi lampu UV bisa berakibat iritasi loh!


Semprot Alkohol Biar Makin Bersih

(foto:abc)

Kamu tahu baju putih-putih yang biasa digunakan tim penangkal virus di wilayah terdampak? Disebut baju hazmat, pakaian ini digunakan untuk menangkal virus. Dan kini sedang dicari masyarakat dunia biar lebih aman. Tapi, beberapa pihak bilang nggak perlu pakai baju hazmat, cukup semprotkan alkohol dari ujung kaki ke ujung kepala biar virus nggak mau dekat-dekat. Padahal, alkohol nggak bisa menangkal virus yang sudah masuk tubuh. Bahkan penyemprotan alkohol juga bisa bikin mata perih dan beracum kalau masuk mulut.


Pakai Hand Dryer Untuk Membunuh Bakal Virus

(foto:express)

Aduuh, nggak habis pikir sama penyebar hoax yang bilang kalau nggak perlu cuci tangan, cukup pakai hand dryer karena membunuh bakal virus. Padahal, untuk mencegah corona virus, kita harus rutin mencuci tangan, baik dengan alkohol atau dengan air dan sabun. Hand dryer merupakan pelengkap kegiatan bersih-bersih tangan, tapi nggak bisa digunakan sendirian.


Share
Create Your Own Article!