Zetizen.jawapos.com – Sampai saat ini, lebih dari 10.000 korban corona terjangkit di seluruh dunia. WHO baru saja merilis statement bahwa virus corona termasuk pandemik. Tahu artinya, nggak? Kalau nggak tahu, yuk pahami 10 istilah populer tentang virus corona ini.

 

sumber: ft.com

Pandemi

Bisa diartikan sebagai penyakit yang tersebar secara global di lebih dari dua negara. Dalam kasus virus corona sendiri, WHO menetapkan corona sebagai pandemik karena meurut Nathalie McDermott dari National Institute for Health Research, pandemik merujuk pada ajakan agar seluruh negara bekerjasama dan kooperatif dalam mengendalikan situasi dan menghentikan persebaran penyakit.

 

Epidemi

Nggak jauh berbeda dengan pandemik. Artinya sebuah penyakit yang tersebar secara global di seluruh dunia, namun dalam skala yang lebih kecil.

 

Sumber: nytimes

 

Transmisi Lokal

Atau biasa disebut dengan lokasi pelaporan. Istilah ini merujuk pada tempat awal dimana virus ditemukan.

 

Imported Case

Bukan berarti kasus penting, tapi merujuk pada kasus-kasus yang ditemukan di luar lokasi pelaporan. Misalnya, Pinky terjangkit Corona setelah pulang dari Italia dua minggu lalu.

 

sumber: al-jazeera

 

Kluster

Biasa dikenal dengan nama kluster infeksi. Artinya ada satu kelompok yang punya kejadian yang sama dengan penyakit lain dalam waktu dan area yang sama.

Lockdown

Situasi ketika sebuah negara atau wilayah mengunci akses masuk dan keluar. Dengan tujuan untuk mencegah penyakti terus tersebar, lockdown juga menerapkan kebijakan melarang adanya pertemuan yang melibatkan banyak orang. Seperti sekolah, pemerintahan, dan lain sebagainya. Italia adalah negara pertama yang menerapkan sistem ini.

 

Isolasi

Berbeda dari lockdown, isolasi berarti memisahkan sesuatu dari kelompoknya. Juga bisa diartikan sebagai usaha untuk mengucilkan seseorang. Dalam kasus corona, mengisolasi berarti memisahkan terduga suspect untuk mencegah persebaran corona.

 

sumber: cnn

 

Karantina

Diartikan sebagai tempat penampungan di wilayah terpencil. Upaya ini sudah dilakukan Indonesia ketika memulangkan WNI dari Wuhan di Natuna, Kepulauan Riau. Kata ini juga berarti sama dengan cordon sanitaire.

 

Inkubasi

inkubasi atau periode inkubasi dapat diartikan sebagai masa antara awal infeksi sampai kondisi yang menunjukkan bahwa terduga dalam kondisi terserang penyakit. Menurut Centers for Disease Control and Prevention atau CDC, virus corona memiliki masa inkubasi sebanyak 14 hari.

 

Morbidity

Dalam bahasa indonesia, morbidity rate berarti jumlah berapa orang yang terserang dibanding total populasi.

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!