Zetizen.jawapos.com- Merebaknya kasus virus corona bikin kegiatan masyarakat Indonesia harus berubah untuk sementara waktu. Salah satunya, kegiatan belajar mengajar sekolah harus dilaksanakan di rumah masing-masing.

Eits! Bukan berarti kalian bisa santai aja di rumah ya. Apalagi buat kalian yang sekarang duduk di kelas enam, sembilan, dan dua belas. Karena tinggal menghitung hari lagi kalian harus menghadapi Ujian Nasional Berstandar Komputer. But don’t worry, Zetizen sudah siapkan tips dan trik belajar untuk persiapan menghadapi UNBK selama Social Distancing atau #dirumahaja. Apa aja sih? 

Bikin Schedule Belajar

Bullet journal bisa jadi salah satu pilihan untuk bili yang jadwal lebih berwarna (foto:Pinterest) 

Salah satu tips belajar untuk menghadapi Ujian Nasional, kalian bisa mulai dari mengatur jadwal belajar. Nggak perlu waktu lama, yang kalian butuhkan hanya mengalokasikan waktu sebaik mungkin agar porsi belajar dan beristirahat seimbang. Selain itu, utamakan pada materi-materi tertentu yang menurut kalian sulit untuk dipahami. Dengan begitu waktu belajar kalian akan lebih efektif.

 

Buat Suasana Nyaman Saat Belajar

Nggak cuma cari pacar, cari tempat belajar juga harus menemukan yang nyaman ya (foto: Pinterest)

Suasana belajar yang nyaman akan memberikan efek baik pada konsentrasi kalian. Untuk itu kalian bisa merancang suasana belajar yang sesuai dengan selera, agar mood belajar semakin meningkat. Misalnya, buat kalian yang suka nyemil bisa tuh siapkan cemilan-cemilan yang bisa menemani kalian saat belajar. Selain itu, kalian juga bisa memutar playlist favorit kalian di Spotify agar tidak merasa jenuh saat belajar. Kalian bisa putar musik-musik klasik atau lo-fi beats.

 

Perbanyak Latihan Soal

 

Psst, tips belajar efektif adalah langsung mengarah pada apa yang kamu butuhkan, bukan cuma mengulang pelajaran ya (foto: tumbler) 

Ada pepatah yang mengatakan ‘bisa karena terbiasa’ .  Dengan memperbanyak latihan soal, saat ujian nanti kalian akan merasa lebih mudah karena telah terbiasa mengerjakan bermacam-macam tipe soal. Sering berlatih mengerjakan soal juga dapat membantu untuk mengetahui seberapa jauh  kemampuan kalian dalam menguasai sebuah materi.

 

Ikuti Kelompok Belajar

 

Dalam rangka socil distancing, kamu bisa video call rame-rame bareng teman segeng (foto: cosmopolitan). 

Eits, siapa bilang selama social distancing kalian nggak bisa ikut kelompok belajar?  Don’t worry, kalian masih bisa mengikuti kelompok belajar via online lho. Banyak platform-platform edukasi seperti Ruangguru, Zenius, Quipper, dan masih banyak lagi yang menyediakan kelas online dengan fasilitas pembahasan materi dan soal bersama para tutor handal selama masa social distancing. Atau mungkin kalian bisa mengajak teman untuk membuat grup belajar online untuk membahas materi-materi ujian nasional. Jadi, jangan khawatir jika kalian merasa kesulitan selama belajar di rumah

 

Jangan Lupa Konsumsi Buah dan Sayur serta Istirahat Cukup

Men sana in corpero sano, di balik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat (foto: science health) 

Di tengah maraknya kasus virus corona hal yang paling penting adalah menjaga kesehatan tubuh. Belajar boleh, tapi jangan lupa istirahat yang cukup agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Selain itu, kalian juga bisa mengonsumsi buah dan sayur agar nutrisi dalam tubuh tercukupi serta membuat kondisi tubuh tetap fit.

 

Share
Create Your Own Article!