Foto: Pinterest 

 

Zetizen.jawapos.com - akhir-akhie ini jagad twitter sedang dihebohkan dengan apa yang disebut “gaslighting” akibat unggahan thread dari salah satu pengguna dengan username @jerujiemas (18/03) tentang temannya, sebut saja R, yang selama ini dan terjebak dalam toxic relationship dan menjadi korban sexual abusement oleh kekasihnya sendiri. Lalu sebenarnya apasih gaslighting itu sendiri dan hubungannya dengan kedua hal tersebut?

 

Foto: vogue

 

Gaslighting, sendiri merupakan sebuah istilah untuk menjelaskan bentuk kekerasan psikologis berupa sikap manipulatif dan berbohong dalam suatu hubungan sehingga sang korban mempertanyakan dirinya sendiri. Untuk kasus R ini, dia sudah menjadi korban gaslighiting kekasihnya selama dua tahun dan parahnya lagi ia harus menjadi alat pemuas seksual pacarnya sendiri yang ngga segan melakukan sexual abuse kepadanya, ngeri banget kan?

Foto: netflix

Para gaslighter-pelaku gaslighting-akan terus memanipulasi kenyataan dan berbohong untuk terus mendominasi korban, sehingga sang korban tidak dapat berbuat apa-apa, seolah-olah membuat mereka bergantung kepada pelaku. Efeknya sang korban akan kehilangan rasa percaya dirinya, merasa takut, mempertanyakan diri sendiri dan selalu merasa bersalah atas sesuatu yang mungkin bahkan tidak dia lakukan.

 

Gaslighting sendiri tidak hanya terjadi di dalam hubungan asmara lo sobat Zet! Bisa saja kalian mengalaminya di dalam lingkup pertemanan atau bahkan keluarga, jika kalian sering mempertanyakan apakah hal yang kalian lakukan benar atau tidak hingga sering merasa undercontrolled sama si dia ketika menjalin hubungan tidak ada salahnya kok untuk mengakhirinya sesegera mungkin! Cause you deserve someone better and can look after you!

 

Foto: know your meme

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!