zetizen.com – Selama masa pandemi Corona, World Health Organization (WHO) menghimbau masyarakat untuk main game aja selama self-quarantine. Sebab, hal itu berfungsi untuk megurangi stress. Yes, berlama-lama di lingkungan yang sama membuat beberapa orang jadi gampang tertekan dan malah nggak baik untuk kesehatan.

Bahkan, WHO menggandeng studio game ternama seperti Blizzard dan Activision. Anjay, #dirumahaja semakin nikmat nih! Tapi, buat kamu yang memilih nggak main gadget selama masa karantina mandiri, nih permainan-permainan seru lain yang bisa kamu coba bareng orang-orang di rumah.

Main Rame-Rame alias Orang Tua Boleh Ikut Juga

#1 Monopoli

main monopoli who games for corona

Foto: Hi Techno

 

Siapa sih yang nggak tahu Monopoli? Board game ini memang paling seru buat main ramai-ramai, yakni dua sampai empat orang (or more, kalau mau main dalam team!). Dengan main monopoli, kita bakal membangun lagi komunikasi yang mungkin selama ini hilang atau berkurang gara-gara gadget. Selain itu, main monopoli bisa jadi cara buat belajar mengatur keuangan lho sebagai strategi agar kita nggak terlilit hutang. Kalau mau bangkrut, coba nego tipis ke lawan. Sekalian belajar negosiasi tuh.

Oh iya, Monopoli ada versi boardgame digital lho! Boardgame keluaran Hasbro ini punya fitur asistensi suara milik Mr. Monolopy sebagai bankir yang mengawasi pemain untuk bayar sewa. Kerennya lagi, monopoli digital ini nggak menggunakan uang fisik, melainkan kartu debit. Nggak heran kalau harganya lebih mahal dari Monopoli conventional, yakni USD 24,99 atau sekitar Rp 410 ribu (kurs USD saat tulisan ini dibuat adalah Rp 16.408).

#2 Tepuk Nyamuk

Punya kartu remi di rumah? Yuk, coba ajak seluruh orang rumah main. Caranya, kartu dibagi sama rata ke semua pemain. Setelah itu, secara bergiliran, pemain mengeluarkan kartu dalam posisi tertutup di tangan masing-masing sambil menyebut urutan kartu. Saat kartu yang diucap sama dengan kartu yang dikeluarkan, semua pemain harus cepat-cepat ‘‘menepuk’’ kartu tersebut. Yang menepuk paling lama harus mengambil semua tumpukan kartu. Permainan selesai setelah tertinggal satu pemain yang gagal menghabiskan kartu.

Selain bikin deg-degan, permainan ini bakal memaksa kita buat konsentrasi penuh supaya nggak ketinggalan menepuk kartu. Siap-siap tangan merah karena lawan terlalu bersemangat menepuknya ya he he. Tapi nggak masalah, serunya bakal ngalahin rasa sakitnya kok.

Quality Time sama Saudara alias Orang Tua Nggak Usah Diajak

#1 Soulmate Game

soulmate game WHO games for covid 19 self quarantine

Foto: Unsplash

 

Sesuai namanya, Soulmate Game bakal membuktikan seberapa dekat kamu dengan saudaramu. Kamu akan diberi satu kata yang harus ditebak oleh saudaramu. Eits, nggak boleh pakai clue persamaan kata atau kata asing yang berhubungan dengan kata tersebut lho. Kamu cuma boleh memakai istilah-istilah personal yang cuma kamu dan saudara aja yang tahu. Just in case nanti saudaramu tertukar, kamu kan jadi tahu mana yang benar dengan secret code he he.

Nggak perlu alat macam-macam. Cukup siapkan satu orang sebagai moderator untuk memberi soal ke masing-masing. Lebih seru lagi kalau kata yang jadi soalnya masih berhubungan dekat dengan kehidupan kita. Game ini memang butuh chemistry yang kuat sih. Sebab, kadang petunjuk-petunjuk yang nggak nyambung justru jadi strategi supaya bisa menang. Dijamin seru deh.

#2 Lompat Karet

permainan lompat tali karet

Foto: keluargacaplang.com

 

Coba ngaku kapan terakhir kali kamu main permainan seru ini? Nah, selama di rumah aja, kamu bisa mulai memainkan lagi bareng saudaramu. Selain nostalgia zaman kecil dulu, main lompat karet bisa sekaligus jadi workout ringan juga. Apalagi kalau mainnya pada pukul 10.00. Lumayan bisa sekalian berjemur kan. So, nggak pakai ribet, kamu cuma harus menyimpul karet gelang jadi panjang dan bisa langsung dimainkan deh. 

Selain seru, lompat karet juga bisa melatih otot kaki, meningkatkan fungsi kognitif, dan yang paling penting bisa sampai menurunkan berat badan! Yuk, yang diet yuk! Kalau saudaramu nggak bisa mengontrol emosi, cepet ajak main lompat karet ya. Sebab, saat main permainan ini, kita butuh mengontrol emosi untuk mengambil keputusan melompat dengan berani. Ayo yang emosian segera main ini!

Main Sendiri alias Emang Lagi Nggak Mau Bersosialisasi

#1 The Sims

the sims

Foto: The Sims Community

 

Permainan ini harus banget masuk dalam daftar game yang kamu mainkan selama masa karantina virus corona. Sebab, The Sims akan merangsang otak kita untuk terus bekerja. Nggak berat, tapi memeras kreativitas. Mulai dari menciptakan karakter yang bisa detail banget sampai membangun dan mendekorasi rumah. Kasihan otak kalau dibiarkan rebahan dalam jangka waktu lama. Nanti kaget lho kalau udah masuk sekolah bertemu Fisika lagi. 

Yang paling enak, The Sims bisa diakses di PC maupun smartphone. Meski versi PC lebih complex, main versi smartphone-nya nggak kalah seru kok. Yang paling penting, The Sims versi smartphone bisa di-download gratis! Pengalamannya tetap sama kok dan graphic-nya super kece! Sayang banget ya kita nggak bisa visit rumah Sims pengguna lain. Kan biar bisa silaturahmi virtual gitu he he.

DOWNLOAD THE SIMS FREEPLAY: iOS | Android

#2 Hay Day

Hay Day Game

Foto: APKPure

 

Buat yang suka, yuk, coba main simulasinya di Hay Day. Game smartphone ini gampang banget bikin kecanduan kayak mantan. Padahal game simple ini cuma menugasan kita untuk bertanam, memanen, beternak, dan produksi barang-barang seperti gula atau roti yang nantinya dijual lagi. Tapi, gara-gara harus memenuhi pesanan pada board, kita jadi semangat dan nggak berhenti produksi. Nah, itu tuh yang bikin candu.

Cuma di Hay Day kita bisa mengkreasikan bentuk peternakan yang kita mau. Game ini real time, jadi bisa kamu tungguin langsung bibit yang sedang kamu tanam buat siap dipanen. Serunya lagi, hasil kebun dan ternakmu bisa dijual ke sesama user. Serius! Permainan ini bisa bikin lupa waktu saking serunya.

DOWNLOAD HAY DAY: iOS | Android

Selama masa karantina Covid-19 di rumah, kamu lebih suka ngapain sih?

reply 1988 korean drama scene

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!