Zetizen.jawapos.com - Sejak dulu, kita selalu menghindari sinar matahari karena takut dengan UV atau sinar ultraviolet. Jenis sinar ini punya berbagai macam bahaya yang bikin kulit kena masalah. This is why UV Bracelet jadi populer. Kenalan yuk sama bahaya UV dan kegunaan UV Bracelet! 

UV Memicu Sakit Kulit

(foto:Science)

FYI, ada dua jenis sinar ultraviolet yang berasal dari matahari, yaitu ada UV A dan UV B. UV B bisa bikin kulit jadi terbakar, sedangkan UV A bisa masuk ke kulit lebih dalam dibanding UV B. UV A ini menjadi salah satu penyebab kulit menjadi keriput dan kanker kulit. 

Sebelum parah kalian akan mengalami kondisi wajah dengan munculnya bercak coklat di wajah ini juga bisa terjadi di bagian tubuh lain yang sering terpapar matahari. Penyakit ini disebut dengan Melasma. Menurut American Academy of Dermatology, 90 persen orang yang terkena melasma adalah wanita lho.

Penyakit ini kebanyakan ditemui orang-orang di bagian pipi, batang hidung, dahi, dagu, dan di atas bibir atas mereka. Melasma juga bisa muncul di bagian tubuh lain yang banyak terkena matahari, seperti lengan bawah dan leher.

Melasma biasa terjadi karena sinar UV merangsang melanosit untuk memproduksi lebih banyak warna. Melasma ini nggak terlalu berbahaya, jadi kamu nggak perlu terlalu khawatir. Kalau kamu merasa terganggu dengan adanya bercak coklat ini bisa langsung memeriksakannya atau mengkonsultasikannya ke dokter spesialis kulit


Bikin Kulit Terbakar

(foto:cosmopolitan)

Kulit terbakar atau biasa disebut dengan sunburn adalah salah satu bahaya sinar UV yang bisa kamu rasakan kalau terlalu banyak terpapar. Sunburn adalah suatu keadaan kulit yang berwarna merah dan terasa perih seperti terbakar. Keadaan seperti ini disebabkan karena terlalu lama berada di bawah terik matahari. Tanda-tanda sunburn seperti kulit jadi lebih kering, warna kulit jadi terlihat kemerahan, akan terasa nyeri, perih, dan kulit jadi sangat sensitif. 

Untuk mengurangi rasa nyeri atau perih kalian bisa menggunakan obat pereda rasa sakit, selain itu juga bisa menggunakan losion atau spray untuk mengatasi sunburn, biasanya produk ini mengandung aloe vera. Serta, menghindari matahari hingga kemerahan dan rasa sakit hilang.


UV Bracelet Membantu Mengecek Kadar Sinar UV

(foto:plus-gifts)

Gelang UV praktis menginformasikan paparan sinar matahari akan menunjukan perubahan warna setiap kali kamu terpapar sinar UV. Gelang ini bisa kamu jadikan indikasi untuk cek seberapa sering kulitmu terkena sinar UV setiap harinya. Contohnya seperti warna putih menunjukan level UV rendah, ada juga ungu muda untuk menunjukan level UV medium, sedangkan untuk warna ungu lebih tua untuk menunjukan level UV tinggi. Bentuknya ada yang seperti jam atau gelang manik-manik seperti mutiara. Serunya lagi, ada berbagai pilihan UV Bracelet dari berbagai produk yang bisa kalian coba.


UV Bracelet Produk Lokal

(foto:Teen Vogue)

Kalian akan menemukan berbagai pilihan produk UV bracelet ini. Beberapa brand ada yang menjual gelangnya saja, tetapi ada juga yang menjual dengan sun protection. Nah, UV Bracelet ini yang akan memberikan kamu reminder untuk re-apply sunprotection kamu kalo sudah sering terkena paparan sinar UV. 

Contohnya seperti produk Biore UV Aqua Rich Watery Essence, dengan UV Checker Bracelet dan perlindungan dari Biore UV Aqua Rich Watery Essence, gak perlu khawatir lagi beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari.

Selain itu juga masih ada produk dari oriflame yang juga mengeluarkan Sun Zone UV Indicator Bracelet 27814. Gelang UV yang menginformasikan level paparan sinar matahari, gelang ini berukuran 12mm x 180 mm. Produk-produk ini juga hanya menyediakan stok terbatas.


Affordable Price

(foto:Splash News)

Untuk mendapatkan Sun Zone UV Indicator Bracelet dari Oriflame, kalian perlu merogoh uang kurang lebih Rp99.000, sedangkan untuk Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF50 dibandrol dengan harga Rp138.900. UV Bracelet ini bisa kalian dapatkan di berbagai e-commerce yang menjual berbagai produk skincare. Dengan harga tersebut cukup bisa digunakan untuk jangka panjang, dengan berbagai kandungan UV Protection didalamnya. Selain itu dengan harga yang ditawarkan tersebut, ada beberapa tawaran diskon juga lho.

Ada pula produk yang menjual dengan harga lebih dari itu, kalian jangan sampai salah produk ya, perhatikan keaslian produk dan apa saja manfaatkan yang didapatkan. Udah pernah pakai? Share pengalamanmu di kolom komentar dan Instagram @zetizen ya! 


(foto:Pxhere)


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!