zetizen.jawapos.com- Ada banyak cara untuk mengekspresikan diri dan membuat puisi. Salah satunya lewat blackout poetry. Puisi ini dibuat dari karya tulis yang sudah jadi. Unik kan? Yuk simak gimana cara bikinnya

Skimming

(foto:pinterest )

Blackout Poetry merupakan puisi yang dibentuk dari kata-kata yang sudah tertuang dalam karya tulis. Karya tersebut bisa dari koran, buku maupun buku sekolah. Jadi, ktia nggak menentukan mau menggunakan kata apa. Aturannya adalah membuat dsri kata yang sudah ada.

Jadi, kamu bisa melakukan skimming alias membaca sekilas isi dari tulisan yang kamu pilih. Kamu tidak perlu memahami kontennya, cukup melihat apakah ada kata-kata yang menarik perhatianmu. 


Memilih Kata

(foto:pinterest )

Sesuai peraturan pertama, kita nggak bisa membuat kata, kita cuma bisa memilih kata. So, dari kata tersebut kita bisa langsung menentukan mood puisi apa yang ingin dibentuk. Misalnya ketika kamu mengambil koran di edisi berita virus corona, kamu bisa membuat puisi tentang kesedihan.

Jadi, step kedua adalah memilih satu atau dua kata yang membuat kamu merasakan  bahagia, marah, sedih, bingung, cemas atau apapun itu. Kata ini akan menjadi fondasi premis puisimu. Tandai dengan mengotak-ngatakkan tiap kata pilihanmu. 


Mengeblok Sisanya

(foto:pinterest )

Yang nikin jenis puisi ini unik adalah visualnya yang penuh dengan warna hitam. Jadi, step terakhir adalah dengan membuat kata pilihanmu lebih stand out dengam membuat blok warna hitam untuk kata yang tidak kamu pilih.

Atau jika kamu ingin membawa puisimu lebih jauh ke sebuah bentuk seni visual, kamu bisa menambahkan ilustrasi, warna-warna, dan lainnya. 

Psst, yuk baca karya pelajar yang karyanya terpilih dalam Antologi Puisi Zetizen.


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!