zetizen.jawapos.com - Nggak salah kalau TikTok dianggap jadi media karya bagi siapapun. Baru-baru ini muncul tren Mugshot Challenge yang bikin kita terlihat seperti tahanan, lengkap dengan luka babak belur. Di balik berita viral dan kontroversialnya, ada 4 fakta yang harus kamu tahu. Apa aja?

Menunjukkan Kekerasan

(foto:TikTok)

Kalau kamu pengguna TikTok, nama James Charles atau Avani Gregg dari Hype House pasti nggak terdengar asing. Mereka berdua dilaporkan karena menyebarkan konten glamorise violence alias memuat konten berisi kekerasan.

FYI, Mugshot Challenge merupakan challenge make-up yang bikin pengguna terlihat babak belur. Lengkap dengan darah palsu dan luka memar di wajah mereka.


Jadi Tren Besar

(foto:Instagram.com/@medicaliens)

Challenge ini jadi viral dalam waktu satu bulan. Yap, dalam waktu singkat challenge ini sudah diikuti lebih dari 150 juta pengguna, lengkap dengan jutaan like yang didapat.

Mugshot Challenge jadi tren karena  membuat efek make-up luka maupun darah membutuhkan waktu lama. Tentu hal itu pantas diterapkan di tengah masa karantina #dirumahaja berat Corona ini.


Dianggap Melecehkan Polisi

(foto:The National)

Diberitakan Express UK, banyak pihak merasa Mugshot Challenge menyudutkan kepolisian. Sebab, banyak pengguna TikTok maupun influencer yang mendeskripsikan make-up mereka sebagai tahanan yang baru saja ditangkap.

Hal itu ditunjukkan dengan beberapa pengguna yang menggunakan background persis seperti yang digunakan polisi ketika menangkap penjahatnya.

Di sisi lain, ada yang merasa Mugshot Challenge sebagai kampanye aksi anti kekerasan yang dinarasikan untuk menekan Polisi. Tujuannya, Polisi lebih mengutamakan negosiasi daripada kekerasan.


Disandingkan dengan Billie Eilish

(foto:Pxhere)

Lucunya, James Charles seolah nggak mau disalahkan. Soalnya, setelah semua oramg menuding kesalahannya, Charles justru menuding Billie Eilish terlebih dulu melakukan glamorous violance. Menurut Charles, nggak ada bedanya antara Mugshot Challenge dengan Eilish yang menampilkan darah dan luka di MV Bad Guy-nya.

Kalau menurutmu gimana? Apakah Mugshot Challenge bisa diikuti semua orang tanpa harus jadi Kontroversial seperti ini? 


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!