zetizen.jawapos.com - Oil diffuser bukan sekedar pengharum ruangan. Essential oil yang disemprotkan mempunyai segudang manfaat, khususnya bagi kita yang menghirupnya, mulai dari membantu kualitas tidur sampai menyegarkan tubuh yang sakit-sakitan. Nggak heran kalau essential oil diffuser banyak dibutuhkan selama masa pandemi virus corona. Sehebat apa sih alat ini dan harus beli yang seperti apa?

#1 Lebih Aman dari Lilin Aroma Terapi

Kalau kamu sudah terbiasa pakai lilin aroma terapi, sepertinya kamu harus beralih ke oil diffuser deh. Meski sama-sama menebarkan aroma wangi, efek api yang menyala pada lilin atau dupa aroma terapi tanpa pengawasan bisa mengundang bahaya. Sedangkan oil diffuser bisa meminimalisir resiko seperti terbakar atau tumpahan lilin yang panas.

Selain itu, cara pemakaian oil diffuser juga lebih praktis dibandingkan lilin aroma terapi. Tanpa harus dibakar terlebih dahulu, kamu cuma harus meneteskan essential oil ke dalam air pada alat. Lalu, alat tersebut akan mengubahnya menjadi uap dengan menggunakan listrik. Oil diffuser ternyata juga punya banyak fitur menarik loh, seperti setting frekuensi waktu, lampu LED, dan bisa memutar musik saat disambungkan ke Bluetooth.

#2 Bikin Tidur jadi Lebih Nyenyak

manfaat oil diffuser untuk susah tidur

Foto: unsplash

 

FYI, hidung adalah salah satu alat indera yang mampu menyalurkan respon ke otak secara cepat. Jadi, ketika kamu mencium aroma-aroma tertentu, secara otomatis otak akan langsung merespon. Salah satu alasan orang-orang menggunakan oil diffuser adalah untuk memperbaiki kualitas tidur. Beberapa jenis oil essential memang digunakan untuk mengatasi masalah susah tidur dan bikin tidur jadi lebih nyenyak. Oleh karena itu, jangan heran kalau kamu jadi ngantuk saat menyalakan oil diffuser. Sebab, di dalam essential oil terdapat minyak atsirin yang merangsang tubuh untuk relaksasi. Buat yang punya insomnia wajib coba nih!

#3 Serangga Pasti Kabur!

Sebel banget nggak sih kalau tiap mau tidur selalu ada suara serangga mondar-mandir di telinga? Serangga atau nyamuk bahkan cuma bisa diusir kalau kita pakai racun serangga atau lotion anti nyamuk. Eits, itu nggak berlaku lagi kalau kamu punya oil diffuser. Cukup nyalakan alatmu, dijamin serangga dan nyamuk langsung kabur. Selain lebih aman dibandingkan racun serangga, essential oil untuk mengusir serangga ini beraroma wangi dan aman dihirup. Oil diffuser juga bisa jadi pengusir lalat lho! Jadi, supaya makananmu tetap aman dari jangkauan lalat, langsung pakai oil diffuser ya.

#4 Penyelamat Si Alergi Pernafasan

manfaat essential oil diffuser untuk pernafasan

Foto: unsplash

 

Buat yang punya alergi pernafasan, tidur di dalam ruangan yang udaranya kotor pasti bikin nggak nyaman dan susah bernafas lega. Pakai oil diffuser dengan essential oil yang tepat bakal membantu meredakan penyumbatan pernafasan karena lingkungn dan udara yang kurang bersih. Beberapa oil memang memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan pada saluran pernafasan. Diffuser ini akan memudahkan kamu untuk menghirup partikel-partikel minyak sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. Buat yang biasa berada di dalam ruangan lembab, pakai oil diffuser akan membuat lingkunganmu jadi lebih segar lho.

#5 Bikin Lebih Fokus

Buat yang sulit konsentrasi, beberapa essential oil punya kandungan meningkatkan daya ingat dan membuat kita semangat beraktivitas. Nggak heran kalau saat ini banyak oil diffuser digunakan untuk terapi menghilangkan rasa gugup, sakit kepala, sampai depresi. Aroma tajam dan menyegarkan dari essential oil bisa membantu menata kembali pikiran dan mengembalikan energi sehingga kita akan lebih fokus. Oil diffuser bisa dinyalakan saat kita beraktivitas kok. Bahkan, mengoleskan essential oil di beberapa bagian wajah, seperti pelipis, bisa membuat kita langsung merasakan manfaatnya.

#6 Memperkuat Imun Tubuh

Oil diffuser yang melepaskan partikel kecil dan menebarkannya ke udara ternyata bisa membantu kita melawan beberapa penyakit. Beberapa campuran essential oil juga bisa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, essential oil juga bisa menghilangkan rasa sakit saat dioleskan langsung pada bagian tubuh tanpa menggunakan diffuser. Buat yang langganan batuk atau pilek sepertinya harus buru-buru say good bye karena oil diffuser akan melawan virus-virus tersebut saat berada di udara sebelum menyerang tubuh kita. Keren banget!

Nah, banyak banget kan manfaat pakai oil diffuser? Harga oil diffuser bervariasi mulai dari Rp 100 ribu-an. Kalau kamu ingin mencoba, inilah rekomendasi essentials oil yang sesuai kebutuhanmu:

rekomendasi essential oil diffuser

Foto: unsplash

● Young Living Pepermint Essential Oil

Di antara essential oil lain, Young Living adalah salah satu yang sering kita dengar. Harga satu botol essential oil-nya sekitar Rp 335 ribu. Memiliki 10 persen pure essential oil, peppermint adalah salah satu aroma yang wajib dicoba. Selain aromanya yang fresh, peppermint bisa meningkatkan semangat beraktivitas. [Instagram | Website]

● Happy Green Lavender Essential Oil

Harga 50 ml Happy Green ini termasuk murah dibanding essential oil lain. Berbeda dari Young Living, varian Happy Green lebih ke ekstraksi bunga. Dengan harga Rp 140 ribu, kamu bisa bawa si mungil ini pulang. Lavender adalah satu aroma yang wajib dicoba. Lavender bikin tidur lebih nyenyak dan berkualitas. [Instagram]

● Essenzo Bergamot Essential Oil

Essential oil ini juga menawarkan 100 persen bahan alami. Ukuran Essenzo juga bervariasi mulai dari 10 ml sampai 20 ml. Harganya pun beragam mulai dari Rp 190 ribu tergantung jenis essential oil-nya. Salah satu aroma unik yang harus dicoba adalah bergamot yang bisa menetralkan bau badan kurang sedap. Selain diteteskan di dalam oil diffuser, essential oil ini bisa langsung dicampurkan pada deodoran. Dijamin wangi sepanjang hari deh! [Tokopedia]

 

Share
Create Your Own Article!