zetizen.jawapos.com- Memasuki hari ke 29 karantina pandemik Corona, mulai banyak kebutuhan yang harus dibeli. Artinya, kamu harus keluar rumah. Tentu kamu harus pakai APD alias Alat Pelindung Diri paling sederhana, yaitu masker. Nah, setelah PBB menganjurkan non tenaga kesehatan mengenakan masker kain, kamu tetap nggak boleh asal pakai ya. Cermati 7 hal penting untuk terhindar dari Corona ini.

Kapan Harus Dicuci?


Masker medis seperti N95 harus langsung dibuang setelah 1 kali penggunaan. Sementara untuk masker kain, nggak mungkin dibuang dong! Otomatis, kamu harus rutin mencucinya tiap kali dipakai. Meskipun kamu keluar rumah selama 30 menit, masker kain harus tetap dicuci untuk mencegah Corona ya.


Seberapa Tebal?


Center for Disease Control atau CDC merilis bahwa masker kain yang bisa mencegah Corona setidaknya harus punya tiga lapis ketebalan. Kalau kamu mencermati, masker medis punya tingkat kerapatan kain yang cukup tinggi. Nah, masker medis dan masker kain harus sama-sama tebal untuk mencegah potensi penyebaran virus Corona. 


Pakai Jilbab atau Scarf Boleh, Nggak?


Menurut Michael Klompas, dokter ahli infeksi dari Rumah Sakit Brigham dan Perempuan, nggak apa-apa pakai Buff atau Jilbab dan Scarf sebagai pengganti masker kain. 

"Asalkan kain yang kamu gunakan benar-benar menutupi bagian hidung, mulut dan wajah untuk menghindari potensi penyebaran dan pencegahan penyakit," ujarnya.

Artinya, kamu bisa gunakan lain berbahan tebal dan bersih. Jangan pilih kain berbahan lace ya. 


Jangan Gunakan Bahan Ini!


Menurut Dr. Griffin dari Columbia University, jangan gunakan masker kain bahan kain sintetis, spandex atau polyester. Menurutnya, ini bukan bahan terbaik membuat masker kain untuk terhindar dari Corona. 

"Tiga bahan kain itu adalah 'tempat bersemayam' yang paling disukai virus," ujarnya pada NPR


Bahan Apa yang Baik?


Griffin menyarankan untuk membuat masker dari bahan woven cotton fabric. Bahan ini punya beragam warna. Selain cukup tebal, harganya juga cukup terjangkau.

Sementara itu, kalau kamu bingung gimana cara bikin masker kain untuk terhindar dari Corona, kamu bisa bikin pakai cara ini


Masker Kain Nggak Bisa Bikin Kamu Terhindar dari Virus Corona


Kata siapa masker kain bisa bikin kamu terhindar dari Corona ini? Jadi, kalau udah pakai masker kain bisa bebas kemana-mana gitu?

IT'S A BIG NO!

Menurut penelitian, masker kain punya perlindungan jauuuuh di bawah masker N95. Artinya, nggak bisa jadi proteksi maksimal. Tapi, masker kain bisa jadi alternatif di tengah kelangkaan masker. It's better than nothing. 



MacIntyre et al dalam penelitiannya bilang kalau masker kain cuma melindungi sebanyak TIGA PERSEN bakteri. 

Sementara masker medis bisa melindungi dari 56% partikel bakteri. Hebatnya, N95 mampu menyaring 99% bakteri. Tahun 2013, penelitian membuktikan bahwa masker dengan bahan kain seprai dan t-shirt melindungi 3% aerosol yang tersebar di udara. Jadi, masker kain nggak sepenuhnya bikin kamu terhindar dari Corona. Tapi, better wear it than nothing. 


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!