Salah satu usaha pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 adalah dengan memberlakukan lockdown di negaranya. Hal ini untuk mengurangi intensitas aktivitas orang-orang di luar rumah dan mengalihkan semua kegiatan untuk dikerjakan di dalam rumah. Nggak semua orang bisa berkumpul bareng keluarga di tengah pandemi ini, seperti Zetizen berikut yang punya unforgettable experience selama lockdown di negara asing dan jauh dari keluarga mereka. Intip cerita mereka yuk! (Mel)

Haris Abghi, 22, Universitas Northumbria
Newcastle, Inggris


Haris for Zetizen

Memanfaatkan Lockdown untuk Produktif di Rumah


Awal-awal, penyebaran pemerintah masih belum menerapkan lockdown untuk memutus rantai penyebaran virus. Masih berupa larangan untuk terlalu banyak aktivitas di luar, social distancinh, dan sejenisnya. Lambat laun, karena penyebaran virus ini berlangsung dengan sangat cepat, akhirnya PM Boris Johnson mengumumkan untuk memberlakukan lockdown. Pertamanya fenomena panic buying mulai terjadi di beberapa kota, sampai akhirnya beberapa orang akhirnya terpaksa kehilangan akses untuk barang-barang esensial. Tapi lama kelamaan orang-orang mulai terbiasa dan beradaptasi jadi mulai pada belanja kayak biasanya.
Lockdown disini masih memungkinkan sih buat masyarakat untuk keluar dan beraktivitas seperti berbelanja, olahraga, atau melakukan pekerjaan yang mobile. Tapi, kalau misalnya ketahuan ada warga yang bandel maka pihak polisi akan mengamankan dan memberi sanksi berupa denda.Tempat perbelanjaan juga membuat pembatasan orang masuk kedalam untuk memberikan ruang dan mengurangi resiko penularan.

How I deal with it: Aku dan teman-teman lain memutuskan untuk gak pulang karena bisa jadi peluang buat kita tertular atau bahkan menularkan. Jadi, kami memutuskan buat tetep stay disini. Di waktu luang biasanya aku pakai untuk menyelesaikan buku yang sedang aku tulis, olahraga, dan main game. Tetep jaga komunikasi sama keluarga atau teman yang ada di Indonesia, udah cukup sih buat mengatasi homesick untuk saat ini.

Nisrina Husna, Univesité de Poitiers,
Poitiers, Prancis

Nisrina for Zetizen


Obati Rindu dengan Rutin Berkomunikasi

Prancis sudah memberlakukan lockdown sejak 17 Maret 2020 dan berlaku sampai 11 Mei 2020, dimana setelah itu pelajar sampai tingkat SMA dsn restoran akan beraktivitas kembali seperti biasa. Beda dengan mahasiswa yang diliburkan sampai bulan September. Selama lockdown semua toko ditutup kecuali apotek, supermarket, dan pusat militer. Awal-awalnya masih kondusif orang-orang pada gak keluar rumah dan jalanan mulai sepi, tapi lama-lama mulai banyak warga yang beraktivitas di luar lagi yang menyebabkan penjagaan oleh pihak polisi lebih diperketat. Hingga akhirnya Prancis menerapkan total lockdown, masyarakat dilarang ketat keluar rumah kalau dirasa gak terlalu penting. Kalau misal mau keluar kita harus mengisi surat resmi dari pemerintah dan menunjukannya pada polisi yang tengah berpatroli di jalan.

How I deal with it: Kegiatanku selama disini biasanya diisi dengan aktivitas olahraga seperti yoga, terus mengerjakan tugas online, dan masak. Kangen sih sama keluarga di Indonesia, tapi untuk sekarang cukup diobati dengan video call dan telfon sesering mungkin untuk saling bertukar kabar.


Amara Wijaya Tunggadewi, 17, Exchange Student di Nebraska
USA

 

Amara for Zetizen



Jadi Waktu Bonding bersama Keluarga Angkat


"Nebraska bisa dibilang tempat yang paling aman di USA. Kota ini belum menggalakkan lockdown secara total saat itu, tapi beberapa public spacd yang udah mulai di shut down untuk mengurangi intensitas berkumpulnya orang-orang ramai, seperti sekolah, restoran, dan perkantoran. Pemerintah juga belum sepenuhnya memberikan perintah untuk stay at home, karena banyak orang yang masih bisa pergi ke luar daerah, meski beberapa diantaranya mulai mempraktikkan untuk tetap di rumah dan mengisolasi untuk berkegiatan di luar."

How I deal with it: Disini aku tinggal bersama host family dan memanfaatkan saat-saat seperti ini untuk bonding dengan mereka. Mulai dari memasak makanan Indonesia untuk mereka dan bermain puzzle atau board games bersama. Aku juga meluangkan waktu untuk menggambar di sela-sela kesibukan online class.

Wherever you are and what you are doing right now, be sure to stay safe and keep healthy!

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!