zetizen.jawapos.com - Ada banyak cara untuk mengamalkan pesan Kartini. Seperti Salma Ghina Sakinah Safari, penyiar salah satu Radio anak muda di Surabaya. Menurut Ghina, banyak cara untuk terus berkarya dan menginspirasi orang lain.

"Cara pertama bisa dengan menganalisa diri sendiri. Misal dengan memunculkan pertanyaan sebenernya aku ini suka apaan sih? Dari pertanyaan itu kita bisa lebih mengenal hal positif dan negatif dalam diri kita," ungkapnya.

Ghina sendiri pernah menemukan hal toxic dalam diri sendiri untuk dilawan. "Caraku menemukannya, lagi-lagi dengan menganalisa diri sendiri. And it takes time. Dan butuh penerimaan. Jadi nggak boleh tuh ketika kita menemukan hal buruk dalam diri sendiri, terus bilang 'ah gapapa'. Itu namanya denial. Jadi nggak bisa know yourselves better, deh," lanjutnya.

Selama jadi penyiar, Ghina menemukan bahwa hal toxic datang dari dalam dan luar dirinya. Kalau ada hal toxic dari faktor eksternal, Ghina akan membayangkan ada orang di depannya, kemudian Ia mengeluarkan semua hal yang dia nggak suka. "Self-talk ini benar-benar dibutuhkan, loh. Aku terbiasa mengungkapkan hal apa yang paling bikin terganggu. Karena biasa mengekspresikan perasaan, aku bikin podcast," lanjut Ghina.

Menurut cewek 21 tahun ini, mampu menyadari hal toxic dari dalam dan luar juga berpengaruh baik untuk diri sendiri. Soalnya, jadi sadar salahnya dimana. Selain introspeksi, mengenali hal toxic bisa jadi cara untuk berdialog dengan diri sendiri. 

"Aku selalu percaya kalau kita berjalan di rel kita masing-masing. Mungkin waktu kita mulai, teman-teman kita udah berpuluh-puluh langkah di depan. Atau kita mulai di start yang sama tapi mereka lebih cepet jalannya. Aku selalu berusaha untuk menanamkan ke diri sendiri kalau hal itu normal, that’s fine, that’s life," tutup Ghina.

-

Cerita Ghina adalah salah satu edisi #zetizenbercerita edisi Kartini. Nantikan cerita berikutnya ya!

 

 

Share
Create Your Own Article!