zetizen.jawapos.com - Who doesn't love NKCTHI? Berawal dari akun Instagram dan bercerita tentang kehidupan sehari-hari, NKCTHI diangkat dalam buku dan film. Dibintangi Rachel Amanda dan Ardhito Pramono, film NKCTHI menuai banyak kesuksesan. The women behind NKCTHI, Marchella F.P. bercerita tentang karyanya. Ternyata, Marchella pernah merasa insecure dengan karyanya. Kenapa?

"Setelah berkarya saya selalu merasa kurang. Seolah ada yang bisa saya tambahkan. Dan belum cukup. Akhirnya, saya menghilangkan rasa insecure tersebut dengan belajar menerima apa yang kurang dan apapun celah dalam diri sendiri," ujarnya ketika diwawancarai.

Menurut Marchella, insecure adalah salah satu bentuk dari hal toxic dalam diri sendiri. Salah satu cara untuk menghilangkan rasa toxic adalah dengan berdamai dengan diri sendiri. "Selain itu, saya berusaha memperbaiki sesuatu yang saya rasa kurang," ujarnya.

Marchella merasa bahwa untuk jujur dalam menerjemahkan perasaan ke tulisan bisa mengurangi beban. "Tulisan itu bisa jadi karya untuk dirilis, atau juga bisa jadi catatan pribadi," ungkap Marchella.

Sebelum memulai NKCTHI, ternyata Marchella juga sempat merasa takut. "Di semua karya pasti ada rasa takut kurang, takut jelek, takut salah. Tapi ya sekarang jadi makin merasa kalau ini hal biasa aja. Yang penting udah kasih 100%," ujarnya.

Quick tip dari Marchella, kita bisa memulai karya dengan 4 langkah. "Pertama bisa memulai riset. Kemudian dengan mengenali kekurangan kita. Kamu bisa kolaborasi atau kerjasama dengan yang punya kelebihan untuk tutupin kekurangan terdebut. Ketiga, nggak perlu berusaha jadi sempurna, karena manusia tentu punya celah. Dan terakhir, niatnya dibulatkan dulu, kalau untuk kebaikan dan jadi manfaat, nggak ada niatan jahatin orang lain, kamu bisa melanjutkannya," ujar Marchella. So, siap memulai karya?

-

Cerita Marchella adalah salah satu edisi #zetizenbercerita edisi Kartini. Nantikan cerita berikutnya ya!

 

Share
Create Your Own Article!