Zetizen.jawapos.com - Pandemi COVID-19 ini memang berdampak hampir ke seluruh sektor industri, salah satunya industri anime. Akibat dari pandemi ini, banyak serial dan film anime diundur penayangannya. Memang hal ini perlu dilakukan demi melindungi penonton dan para pembuat anime sendiri dari wabah. Namun hal tersebut juga akan berdampak pada industri itu sendiri karena seperti yang kita tahu, pembuatan anime sendiri juga merogoh kocek yang tidak sedikit. Selain itu, walaupun teknologi saat ini semakin canggih, pembuatan anime ini juga memerlukan banyak orang dari mulai pra-produksi, produksi, sampai penayangannya (kalau nggak percaya, tonton deh serial Shirobako).

Jadi, apa yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi mempertahankan anime sendiri? Salah satunya dengan menonton secara legal. Mungkin banyak dari kalian penikmat anime yang mengakses melalui website-website itu, karena memang itu cara yang paling murah dan mudah dalam mengakses anime. Namun tahukah kamu kalau ada banyak cara untuk mengakses anime secara legal, bahkan diantaranya ada yang gratis? Dengan kita menonton secara legal, kita bisa mengapresiasi karya-karya mereka dan dapat membantu mereka bertahan hidup di masa sulit seperti ini. Mau tahu caranya? Yuk simak cara berikut ini.

TV

serial Naruto (foto:IMDb)

Ini salah satu cara yang paling basic buat nonton anime dengan legal. Pastinya ini cara yang paling murah meriah dan paling gampang buat diakses. Soalnya, kamu tinggal lihat jadwal tayangnya, nyalakan TV, terus tonton deh. Sayangnya, pilhannya nggak terlalu banyak. Rata-rata anime populer seperti Naruto, Doraemon, Dragon Ball, Tsubasa, dan One Piece ditambah lagi tayangannya yang selalu diulang. Tapi ini cara yang paling mudah buat apresiasi studio anime di saat pandemi seperti ini. Itung-itung nostalgia atau ajak adik kalian untuk nonton buat mengenalkan anime. Beberapa saluran TV yang menayangkan anime yaitu RCTI, GTV, dan Net.

(+) Murah meriah, gampang diakses, nggak perlu pakai internet

(-) Pilihannya terbatas, iklannya lama, tayangnya sering ulangan, banyak scene sensitif yang disensor/dipotong


Netflix & Crunchyroll

Beastars (foto:Netflix)

Mungkin beberapa dari kalian pecinta anime tahu tentang dua platform di atas. Netflix sendiri memang sudah tidak asing lagi soal streaming film dan serial-serial tv online, salah satunya yaitu anime. Salah satu anime yang tayang di Netflix yaitu Beastars (2019). Sedangkan Crunchyroll merupakan website penyedia streaming anime terbesar dan terlengkap di dunia. Selain kalian bisa nonton anime sepuasnya, kalian juga bisa akses manga kesukaan kalian secara daring dengan cara berlangganan. Serunya lagi, Netflix baru saja bekerjasama dengan Ghibli Studio. Jadi, banyak film dan seri yang bisa kamu tonton. 

(+) Pilihannya lebih lengkap, bebas tonton tanpa iklan

(-) Harus berlangganan, butuh internet


Youtube (melalui channel resmi)

Youtube Channel Ani-One (foto:Youtube)

Yang satu ini mungkin sedikit dari kalian yang tahu, kalau ternyata beberapa studio dan penyiar anime juga ada yang memberikan bebas akses menonton di Youtube. Beberapa channel seperti Ani-One dan Muse Asia memberikan kita banyak pilihan anime-anime terbaru terutama anime winter dan spring tahun 2020, walaupun di antara beberapa serial ada yang ditunda penayangannya akibat pandemi. Berita terbaru, serial legendaris seperti Sailor Moon dan film Evangelion 1.0, 2.0, dan 3.0 juga bisa kamu tonton secara gratis di Youtube sekarang juga (khusus serial film Evangelion hingga 30 April 2020).

Mungkin menonton anime di Youtube akan ada banyak iklan seperti yang kita tahu, tetapi dengan cara ini kita dapat berkontribusi untuk mendukung industri anime melalui hal-hal yang kecil seperti ini dibandingkan melalui website.Tapi perlu diingat ya, tonton di channel yang resmi bukan yang lain.

(+) Mudah diakses, gratis, beberapa anime terdapat subtitle Indonesia, bebas iklan (kalau pakai youtube premium)

(-) Pilihannya terbatas hanya anime rilis terbaru atau yang diberi akses oleh studio/penyiar, butuh internet



Itu dia beberapa opsi untuk menonton anime dengan cara yang legal. Bukannya bermaksud melarang menonton anime di website-website itu, boleh kalian menonton disana tetapi sesekali kita gunakan beberapa opsi diatas untuk mengapresiasi sebuah karya. Langkah-langkah kecil ini bisa membantu untuk membangkitkan kembali industri anime di saat-saat pandemi seperti ini. Kita doakan saja pandemi ini segera tuntas dan anime dapat bertahan dan kembali lagi ke masa kejayaannya.


Share
Create Your Own Article!