Zetizen.jawapos.com - Kata orang, don't judge a book by its cover. Termasuk ketika menerbitkan buku di Wattpad. Seseru apapun ceritamu, tanpa cover yang keren, pembaca nggak akan mau baca buku karyamu. Worry no more! Zetizen siapkan 5 tips untuk cover buku Wattpad buatanmu. 

Genre Teenlit

(foto:Pinterest)

Genre teenlit ini biasanya cerita yang menggambarkan kehidupan remaja. Genre yang satu ini lebih banyak menceritakan bagaimana kisah persahabatan, cita-cita yang dibumbui dengan percintaan juga. Sedangkan latar yang diceritakan cenderung di sekolah atau kegiatan di kampus. Untuk membuat cover desainnya kalian bisa mulai menentukan nuansa apa yang mau ditonjolkan.

Kalau jalan cerita cenderung menyenangkan, kalian bisa memilih nuansa yang lebih terang. Karena sebaiknya nuansa desain ini nggak berlawanan dengan isi cerita sehingga pembaca tidak kecewa setelah tahu jalan ceritanya.


Genre Chicklit

(foto:Wattpad Pizza Junkie)

Genre selanjutnya ada chicklit, genre ini menceritakan tentang kehidupan perempuan modern dan apapun masalah disekitarnya. Bahasa dan pembawaannya juga kekiniann. Tokoh dalam cerita genre chicklit ini biasanya berusia 21 tahun keatas. Latar yang dipakai seputar kamar tidur, kafe atau restoran dan taman.

Untuk membuat cover genre chicklit ini kalian bisa memakai latar belakang warna-warna yang cerah atau ditambahkan dengan efek glitter yang bisa menggambarkan kehidupan modernnya. Atau kamu juga bisa menyesuaikan dengan karakter pada cerita yang kamu tulis, misalnya perempuan itu termasuk yang suka dengan barang-barang vintage, kamu bisa membuat background dengan nuansa yang klasik dan barang-barang antik.


Genre Metropop

(foto:Pinterest)

Di Wattpad kalian juga akan menemukan genre metropop. Apa sih genre metropop ini? Genre ini cenderung menceritkan kehidupan sosialita wanita metropolitan yang sering dikejar-kejar sama deadline kantor. Nah cerita didalamnya ini biasanya kompleks bisa seputar kehidupan, percintaan, karir sampai ambisi. Untuk membuat covernya kalian bisa menggunakan latar belakang gedung perkantoran yang menunjukkan latar dari cerita yang akan kamu kembangkan.

Selain itu kamu juga bisa menunjukan seberapa sosialita kamu dan kehidupan urban yang jadi bagian dari cerita. Cukup dengan foto flatlay meja yang dipenuhi dengan tumpukan project dari kantor bisa jadi pilihan untuk cover wattpad kamu. Selanjutnya kamu tinggal tambahkan judul sesuai dengan pilihan kamu.


Genre Petualangan

(foto:Wattpad)

Untuk genre petualangan menonjolkan pada alur dan cerita yang berkesinambungan. Setiap dialog dan kejadian-kejadian yang digambarakan ikut membantu untuk menerangkan situasi yang ingin disampaikan. Latar yang digambarkan pada genre petualangan ini biasanya lebih detail. Genre petualangan ini cenderung bercerita tentang penyelesaian misi dan ending dari ceritanya masih menggantung. Untuk membuat cover genre petualangan ini kalian bisa coba dengan dengan mengusung desain minimalis sehingga menunjukan kesan misterius. Ruang-ruang kosong yang dibuat lebih banyak bisa membuat judul dan satu dua objek pada desain.

Ruang kosong ini bisa diisi dengan warna-warna solid atau warna putih bersih yang memberikan efek bebas dan membuat pembaca menerka-nerka bagaimana cerita yang dibangun didalamnya. Kalian bisa menambahkan salah satu icon menarik yang dirasa cocok dengan salah satu karakter atau dalang dari cerita tersebut.


Genre Horror

(foto:Wattpad)

Cerita yang diangkat biasanya berbau terror dan menimbulkan imajinasi yang beragam. Si penulis biasanya menambahkan suara-suara yang mencengkam untuk membawa si pembaca masuk lebih dalam ke cerita. Seringkali menghadirkan kejadian-kejadian yang biasa kita dengar dari orang sekitar untuk memperkuat jalannya cerita dan makin bikin merinding.

Nggak ketinggalan dengan kalimat-kalimat kejutan yang berhasil bikin deg-degan. Nah untuk menunjukan kesan pertama dari cover yang ada kalian bisa menggunakan font yang bisa menarik perhatian. Kalian nggak harus memilih jenis font yang benar-benar baru dan berbeda. Kalian bisa aja mencoba untuk memilih dua jenis font yang sederhana. Selanjutnya kalian bisa padukan dua font yang berbeda tersebut agar mendapatkan kombinasi yang tepat. Untuk jenis-jenis font yang lain kalian bisa download secara gratis di dafont.com, behance dan fonts.google.com. Selain itu kalian juga bisa membuat kutipan-kutipan yang mencengkam disertai dengan background mistis yang bisa memberikan efek seram.


Genre Romantis

(foto:Pinterest)

Selanjutnya genre yang satu ini udah pasti ada dong, ceritanya tentu saja tentang kisah kasih dua sejoli, ke-uwu-an kalian menjalin kasih sayang yang awalnya berujung manis bisa aja berujung tragis maupun cerita sebaliknya bisa kalian temukan di Wattpad. Nah untuk membuat cover genre ini kalian bisa membuat cover shadow yang menunjukan awal cerita atau ending cerita yang ingin kalian tonjolkan.

Selanjutnya kalian bisa menentukan siapa karakter yang akan muncul di cover, kamu bisa menonjolkan tokoh yang berperan penting didalam ceritamu. Pilih warna-warna yang menyenangkan atau lebih calm yang menunjukan aura salah satu tokoh. Di cover ini kamu juga bisa menggambarkan rasa kehilangan setelah ditinggalkan atau tentang bagaimana kamu berhasil bangkit dari cerita kelam kamu bersama mantan.

-

Butuh inspirasi lain? Yuk intip rekomendasi cerita wattpad dengan plot menarik disini


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!