zetizen.jawapos.com - Bosan di rumah bikin kamu jadi suka mencari hal-hal baru yang seru buat dilakukan. Bikin outfit of the day alias OOTD ala rumahan bisa jadi hal menarik yang patut kamu coba. Tapi biar foto OOTD-mu semakin keren dan kece, jangan lupa gunakan lighting ala studio foto profesional. Nggak punya? Nggak usah bingung. Kamu juga bisa bikin lighting versi kamu sendiri di rumah.

Foto: Frank Vinyl

Peralatannya juga gampang banget kok. Here are they 


1. Lampu LED + kabel dan tripod
2. Alumunium foil
3. Lem
4. Kardus (yang bekas pakai juga boleh kok)
5. Gunting
6. Plastik mika

 

Pertama, kamu bentuk terlebih dahulu bentuk kardusnya untuk membuat softbox. Nah softbox ini nantinya berguna untuk memfokuskan cahaya sekaligus tempat kamu meletakkan lampu. Bentuk dan ukurannya bisa kamu variasiin kok. Tapi buat kamu yang bingung, bisa ikutin contoh gambar di bawah ini. Nantii tinggal kamu gunting dan bentuk kardus menjadi softbox.

 

Jaring-jaring untuk membuat softbox. (Foto: Will C. Fry)

 

Kedua, lapisi softbox yang sudah kamu buat dengan alumunium. Ini berguna untuk agar cahayamu tetap fokus dan nggak redup. Kamu bisa menggunakan lem untuk merekatkan alumunium dengan softbox buatanmu. Pastikan seluruh bagian dalam softbox sudah terlapisi alumunium, ya. kurang lebih nanti hasilnya seperti ini nih.

 

Softbox yang sudah dilapisi alumunium. (Foto: Flickr)

 

Ketiga, letakkan lampu yang sudah kamu pasang beserta dudukannya di bagian tengah softbox. Jangan lupa kabelnya dipasang juga, ya. Pastikan juga lubang yang ada di softbox nggak terlalu besar agar posisi lampu bisa stabil ketika digunakan. Sebagai langkah terakhir, tambahkan plastik mika warna-warni biar foto OOTD-mu semakin berwarna. Buat kamu yang cukup dengan cahaya putih, bisa melapisi bagian softbox dengan kain atau kertas putih untuk pencahayaan yang lebih baik. Selamat mencoba! 

 

 Psst, kalau kamu bingung mau berfoto dengan konsep apa, yuk siapkan 7 barang di ruang ini. Dijamin keren!

Share
Create Your Own Article!