zetizen.jawapos.com - Ujian selalu jadi masalah bagi tiap pelajar. Nggak jarang banyak pelajar yang stres karena hal yang satu ini. Buat menghadapinya, biasanya ada tradisi-tradisi unik yang dilakukan dengan beragam alasan. Entah untuk sekedar bikin tenang atau untuk menghindari kesialan.

Warna Merah Bawa Hoki

Bagi sebagian besar masyarakat Cina, warna merah jadi warna keberuntungan nih. Kepercayaan ini juga berlaku ketika kamu mau menghadapi ujian. Menggunakan atribut berwarna merah dipercaya bakalan membawa keberuntungan, salah satunya adalah menggunakan celana dalam berwarna merah. Meskipun agak aneh, tapi nyatanya masih banyak yang melakukannya hingga sekarang loh.

Menggunakan celana dalam merah ketika ujian dipercaya bakalan membawa keberuntungan. (Gambar: Essence Cartoon)

Nggak Boleh Makan Telur

Di Bangladesh, ketika mau ujian para pelajar disana dilarang untuk memakan telur oleh para orang tua. Masyarakat Bangladesh percaya bentuk telur yang seperti angka nol bakalan bikin mereka juga mendapatkan nilai nol. Cocoklogi yang masuk akal sih. Kira-kira kalau telurnya dibikin orak-arik nilai kita bakalan orak-arik juga nggak, ya? He he.

Apa benar kalau makan telur nilai kita juga nol kayak telur? (Gambar: Times)

Cuci Muka Bikin Kamu Lupa

Ada kepercayaan unik lagi di Korea Selatan. Para pelajar disana percaya nggak baik untuk cuci rambut sebelum ujian. Mereka percaya kalau melakukan ini, hal-hal yang sudah dipelajari yang ada di otak mereka bakalan ikut luntur bersama air. Bahkan di India lebih ekstrem lagi. Pelajar disana bahkan sampai nggak mandi ketika akan menghadapi ujian. Kebayang gimana kondisi kelas ketika ujian?

Kalau mau ujian wajib mandi nggak sih? (Gambar: Essay Geeks)

Mau Salaman? Nanti Dulu

Lain lagi dengan tradisi yang ada di Zambia. Pelajar di zambiar percaya ketika mau ujian, mereka ngga boleh salaman dengan siaapun. Alasannya? Karena takut ketika bersalaman maka pengetahuan mereka bakalan pindah ke orang tersebut. Gimana? Masih yakin mau salaman sama teman-temanmu kalau mau ujian? He he

Lewat salaman bisa bikin kamu pinter? (Gambar : Haaretz)
Share
Create Your Own Article!