Zetizen.jawapos.com - Udah pernah dengar istilah art therapy belum? Yap, terapi yang satu ini dijamin menyenangkan dan berbeda dibanding jenis terapi lainnya. Art therapy adalah sebuah terapi dengan menggunakan seni sebagai medianya, seperti melukis, menari sampai bernyanyi. Di Indonesia sendiri ada loh sebuah komunitas yang sering memberikan layanan art therapy yaitu ART+i. Yuk kenalan dulu sama mereka!

Jujur deh, selama #dirumahaja kamu pasti ngerasa bosan, bingung dan stress karena harus melakukan semua pekerjaan hanya di dalam rumah. Nah tingkat stress tersebut ternyata bisa di tekan dengan melakukan art therapy. Nggak usah khawatir karena selama proses terapi kamu akan diawasi langsung oleh para konselor. Kebetulan Zetizen dapet kesempatan ngobrol bareng Mutia Ribowo sebagai founder sekaligus Cindy Harjatanaya sebagai co-founder dari ART+i, komunitas art therapy Jakarta yang telah terbentuk sejak 6 tahun yang lalu.

Foto: Dok Pribadi

Z: Halo Kak Mutia, sebenarnya apa sih ART+I itu? Kami pengin tau nih!

M: “ART+i Art Therapy Jakarta adalah perkumpulan terapis seni, konselor dan psikolog klinis untuk memberikan jasa psikoterapi seni dan konseling. ART+i Art Therapy Jakarta terbentuk dari antusiasme saya dan Cindy untuk mengenalkan dan mengembangkan praktik art therapy di Indonesia. Kami juga sering berkolaborasi loh dengan komunitas seni dan komunitas kesehatan mental lain untuk memberikan wawasan mengenai pentingnya kesehatan mental dan memberi informasi mengenai art therapy. Nggak hanya itu, kami juga sering berbagi informasi tentang Art Therapy dan mengadakan kegiatan-kegiatan online yang dapat dilakukan oleh followers kita di rumah mereka masing-masing,”

Foto: Dok Pribadi

Z: Wah seru banget, ya! Kegiatanya ngapain aja?

M: “Pastinya memberikan terapi dan konseling perorangan, berkelompok sampai berpasangan.  Di Instagram @arttherapyjakarta kami sering memberikan informasi mengenai Art Therapy dan sharing kegiatan-kegiatan therapeutic arts yang dapat membantu followers kita untuk stress release, regulasi emosi bahkan kegiatan yang dapat membantu merefleksi diri. Kita juga sering loh memberikan evaluasi psikologis dan mengadakan pelatihan workshop dan seminar tentang art therapy. Pantengin sosmed kami ya!”

Foto: Dok Pribadi

Z: Memangnya art therapy itu apa sih kak Cindy?

C: “Art therapy adalah terapi yang memakai pendekatan seni. Tapi untuk ART+i sendiri lebih ke seni rupa. Jadi klien bisa cerita tentang dirinya atau eksplorasi masalahnya dengan cara berbincang dengan terapis atau juga lewat gambar, lukisan atau karya seni yang mereka buat. Nantinya terapis akan memecahkan kode-kode yang ada di karya tersebut. Karena di dalam karya seni bisa mengungkapkan emosi serta pikiran dari pembuatnya,”

Foto: Dok Pribadi

Z: Seberapa besar pengaruh art therapy bagi mereka yang memiliki masalah kejiwaan seperti anxiety?

M: “Sebenarnya keberhasilan terapi bergantung dari berbagai faktor seperti lama terapi, komitmen terapi dan hubungan terapis dengan klien. Art therapy dapat diikuti dari anak hingga lansia. Nggak dibutuhkan keahlian dalam seni rupa kok untuk mengikuti art therapy. Orang-orang yang mempunyai kendala atau masalah psikologis yang menghambat kesehariannya dan hubungan dengan orang sekitarnya merupakan kandidat yang cocok untuk mengikuti terapi. Salah satunya anxiety. Saya sendiri salah satu terapis yang menangani remaja dan dewasa. Sementara Cindy menangani anak-anak sampai pra-remaja,”

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ART+i Art Therapy Jakarta (@arttherapyjakarta) on

Z: Wow menarik! Terakhir ya Kak, gimana nih cara supaya kita bisa ikut art therapy di ART+i?

C: “Yuk langsung hubungi admin di info@arttherapyjakarta.com atau melalui whatsapp di nomor 087775550544.  Nanti terapis akan melakukan evaluasi awal untuk menentukan apakah kamu merupakan kandidat yang cocok untuk berpartisipasi dalam art therapy. Oh iya, jangan lupa kunjungi Instagram kita juga. Karena ada banyak info tentang art therapy”

Seru banget ya! Ternyata ada juga terapi buat handle anxiety dengan cara yang menarik. Tertarik?

Share
Create Your Own Article!