Zetizen.jawapos.com - Kebiasaan overthinking alias memikirkan sesuatu secara berlebihan emang nggak baik dan menguras emosi banget. Kecemasan berlebih ini lama-lama akan menekan batin kita karena kumpulan pikiran negatif tersebut makin lama makin menumpuk. Nggak heran deh orang yang overthinking lebih emosional dan bahkan sampai menimbulkan syndrome-syndrome tertentu. Apa aja?

Irritable Bowel Syndrome (IBS)

(foto:Health Line)

IBS adalah gangguan pada sistem pencernaan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Overthinking memicu terjadinya stress. Ketika strees melanda, sistem syaraf dalam tubuh akan melepaskan hormone kortisol lebih banyak. Pelepasan hormon inilah yang memicu kenaikan asam lambung dan dalam jangka waktu yang lama akan menyerang usus besar. So, buat kamu yang sering overthinking terutama saat malam hari dan kamu merasa lebih mudah mual, sakit kepala, bersendawa sampai buang gas, bisa jadi kamu sedang terkena Irritable Bowel Syndrome.


Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

(foto:Thrive Global)

Cewek-cewek yang sering overthinking sepertinya pernah merasakan syndrome yang satu ini. Yap, Polycystic Ovarian Syndrome adalah gangguan hormon yang terjadi pada wanita dan menyebabkan gangguan menstruasi serta memiliki kadar hormon maskulin (androgen) yang berlebihan. 

PCOS ditandai dengan periode menstruasi yang tidak teratur atau justru berkepanjangan. Kalau kamu udah mulai mendapatkan kejala syndrome ini, kamu harus mulai mengurangi tingkat stress dengan mengurangi kebiasaan overthinking. Dengan keadaan tubuh dan fikiran yang rileks, penyakit ini akan berangsur-angsur menghilang.

 


Selective Mutism

(foto:Netflix)

Sindrom yang sering disalahartikan sebagai sindrom bawaan autisme ini bikin penderita yang awalnya bisa bicara dengan lancar tiba-tiba jadi gagap. Di beberapa kasus, penderita selective mutism bahkan nggak bisa bicara sama sekali.

Hal ini dikarenakan adanya kekhawatiran yang muncul. Karena terlalu overthinking, akhirnya penderita merasa khawatir berlebihan.


Agoraphobia

(foto:Visxnews)

Pernah nggak kamu merasa panik, cemas dan ketakutan ketika datang ke tempat yang pernah kamu datangi sebelumnya? Hati-hati karena kamu bisa mengidap agoraphobia.

Agoraphobia merupakan sindrom yang membuatmu merasa takut dan mengingat memori lama. Nggak cuma bikin panik, tapi tempat itu membuatmu seolah ditarik paksa dari kehidupan normal untuk mengingat atau bahkan memunculkan rasa sakit.

-

Selain 4 sindrom ini, ternyata ada sindrom baru yang muncul karena sulit move on. Check it out!


Share
Create Your Own Article!