zetizen.jawapos.com - Fenomena langit emang selalu jadi hal menarik buat dilihat. Nggak jarang banyak juga yang berburu hal yang satu, salah satunya lewat engamatan. Nah biar pengamatanmu lancar, jangan lupa nih ada peralatan-peralatan yang harus kamu siapin. Ini dia daftarnya!

Find Your Time

Nggak masalah sih kalau kamu tiba-tiba keluar terus melakukan stargazing. Tapi jangan heran kalau kamu nggak menemukan apa-apa. Karena meskipun fenomena langit terjadi setiap hari, kamu juga harus tahu waktu dan lokasi yang tepat. Makanya kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi, salah satunya Stellarium. Lewat aplikasi ini, kamu bisa tahu fenomena apa yang akan terjadi malam ini dan bahkan prediksi untuk beberapa waktu ke depan.

Gunakan Cahaya Merah

Ini bukan cahaya kayak yang di stop lamp, ya. Kalau kamu dulu pernah punya mainan laser, kurang lebih seperti itu cahaya merah yang dimaksud. Tapi tentunya dengan versi yang kualitasnya lebih bagus. Kalau mainan laser yang kamu mainin mungkin kalau disorot ke rumah tetangga cahayanya juga udah nggak keliatan, hehe. Salah satu sebab kenapa cahaya merah ini sering digunakan untuk pengamatan langit malam adalah karena adaptasi yang lebih mudah dilakukan oleh mata.

Pakai Teropong  Juga Oke

Harus pakai teleskop? Nggak juga kok. Sebenarnya beberapa fenomena langit bisa terlihat secara kasat mata, tapi nggak semua. Untuk memaksimalkan experience, kamu bisa juga menggunakan teropong bintang ataupun binokular, tergantung mana yang kamu punya. Untuk mendapatkannya juga gampang kok. Tapi kalau ada waktu, mungkin kmau bisa datang langsung ke observatorium atau tempat-tempat lain yang memiliki teleskop. Pastinya bakal lebih seru.

Prepare Your Battlefield

Melakukan pengamatan untuk fenomena langit bukan hal yang bisa dilakukan dalam waktu singkat. Nggak seperti kalau kamu order makanan lewat drive thru yang bisa take & go. Kamu bisa menyiapkan matras, camilan, dan pastinya alat perlindungan diri kalau kamu melakukan stargazing di lokasi yang jauh dari keramaian. Jangan lupa juga untuk menggunakan pakaian tebal. Nggak lucu kan kalau di tengah pengamatan kamu malah masuk angin?

Share
Create Your Own Article!