Zetizen.jawapos.com- Kesempatan di rumah aja bisa jadi peluang untuk ngasah kemampuan dan skill kita loh. Nggak perlu jauh-jauh les atau kursus di suatu tempat, karena saat ini udah banyak situs yang akan membantumu improve skill dari smartphone atau laptop sambil rebahan. Materi-materi ini bahkan nggak akan kamu temui saat ada di bangku sekolah. Intip yuk websitenya! (Lia/Mel)

Duolingo

(foto:PC Mag)

Yuk mulai improve skill bahasa asingmu dengan situs ini. Duolingo adalah situs kursus bahasa online dengan menyediakan 35 bahasa di dunia. Pembelajaran yang kamu dapat juga menyenangkan, jadi akan lebih mudah untuk mengingat tiap materinya. Duolingo punya beberapa tahapan mulai dari pemula hingga mahir yang bisa kamu pilih sesuai kemampuanmu.

Kamu juga bisa memilih tipe-tipe pembelajaran seperti praktik langsung, lewat cerita atau hanya dengan mendengarkan podcast aja. Tenang! Walaupun fiturnya lengkap dan memudahkan, situs ini bisa kamu akses secara gratis sampai kamu benar-benar mahir. Dijamin caption sosmedmu bakal makin kece setelah belajar dari Duolingo!


Solo Learn

(foto:APK Pure)

Untuk kamu yang tertarik dengan bahasa pemrograman, Solo Learn jawabannya. Situs ini akan mengajarkan kamu tentang apa pun yang berkaitan dengan coding dan pemrograman. Tipe pembelajaran yang diajarkan juga bervariasi.

Selain materi, kamu juga akan mendapatkan kuis-kuis untuk mengasah pemahaman materi yang telah diajarkan. Yang paling kerennya, disini ada room yang memfasilitasimu untuk diskusi dan berinteraksi dengan programmer dari seluruh belahan dunia loh. Kalau kamu berhasil menyelesaikan semua materi dan kuis yang diberikan, kamu bakal mendapatkan sertifikat juga loh. Semuanya gratis!


Coursera

(foto:Class Central)

Kamu pengin melanjutkan studi ke luar negeri? Yuk mulai pantengin situs Coursera. Karena disini kamu bisa belajar tentang gimana sih kelas-kelas milik universitas-universitas top dunia. Situs yang lebih mengarah ke akademik ini memiliki dua pilihan kategori, yaitu berbayar dan gratis.Perbedaan dari dua kategori terletak pada fasilitas sertifikatnya aja  Jadi kamu tetap bisa mendapatkan online course lengkap dari professor dan praktisi dunia secara gratis. Hanya saja, kalau ingin dapat sertifikat resminya, kamu harus upgrade ke kategori berbayar.


Canva Design School

(foto:Canva)

Ternyata, Canva nggak cuma sebagai penyedia layanan desain gratis aja loh. Canva Design School adalah situs belajar desain dengan memberikan workshop interaktif. Skill desainmu akan diasah dengan modul-modul yang akan diberikan setiap sesinya. Jadi kamu akan tetap belajar secara otodidak dari model materi tersebut. Nggak cuma buat yang mau improve skill aja, pemula juga bisa belajar  mulai dari tahap pengenalan dan dasar. Modul pembelajarannya pun sekarang udah bisa ditemukan dalam bahasa Indonesia loh. Mau belajar buat jadi desainer handal? Yuk, coba kunjungi situsnya!


Share
Create Your Own Article!