zetizen.com - Meningkatnya popularitas podcast ditambah suasana yang mendukung harus #dirumahaja, jadi kombinasi yang pas untuk menikmati drama radio. Selain gratis, banyak pengalaman unik yang bisa didapatkan saat mendengarkannya. Yuk, ungkap cerita dibalik audio drama yang keren-keren.

Awalnya Cuma Siaran Panggung

(foto:Unsplash)

Radio drama pertama sudah didengar sejak tahun 1920-an. Waktu yang nggak pasti ini, disebabkan karena makna drama yang sangat luas. Ternyata nggak jarang lho, orang-orang zaman dulu mendengarkan adegan-adegan dramatis, yang dibuat live di atas panggung, melalui sebuah radio. Salah satu drama radio tertua yang pernah didengar dan tercatat adalah The Wolf yang disiarkan radio WGY dari kota Schenectady, New York, pada tahun 1924.


Hobi Anak Hits Tahun 1940-an

(foto:Unsplash)

Yap, drama radio awalnya cuma berupa siaran-siaran dari pertunjukan panggung secara langsung yang diputar kembali di stasiun-stasiun radio. Seiring berjalannya waktu, pihak-pihak radio merasa kalau nggak semua skenario yang dimainkan di panggung, bakal cocok buat didengerin lewat radio. Nah, hal inilah yang bikin perusahaan besar seperti BBC mulai mencari banyak pengisi suara mulai dari anak-anak, sampai orang dewasa, pada akhir tahun 40-an. Saat itulah drama radio mulai mendunia dan jadi hobi kebanyakan orang. Ibaratnya, kalau kamu nggak dengerin drama radio, nggak up-to-date, deh!


Munculnya Generasi Baru, Podcast

(foto:Unsplash)

Di tahun 2016, sejak popularitas podcast mulai meningkat, drama radio juga muncul secara perlahan. Orang-orang mulai mencari kesenangan yang lebih besar. Nggak heran sih, selain mendengarkan berita dan musik-musik yang lagi populer, pasti ada juga orang-orang yang ingin mendengar cerita-cerita fantasi dan negeri dongeng di tengah segala kesibukannya. Bahkan, menurut situs audio-drama.com, pada tahun 2018, ada 3500 judul audio drama yang sedang disiarkan dan jumlahnya terus-menerus meningkat!


Hadirkan Sensasi Mencekam Dimanapun dan Kapanpun

(foto:Unsplash)

Penyebaran virus COVID-19 mungkin membuat kamu harus diam di dalam rumah, tapi siapa sangka kamu tetap bisa merasakan berbagai macam suasana nyata dari berbagai belahan dunia, baik dunia nyata maupun dunia fiksi. Audio drama yang sekarang bisa kamu dengarkan di berbagai macam platform, salah satunya Spotify, dibuat sedemikian rupa agar sang pendengar benar-benar merasakan suasana yang sedang dibangun lewat cerita yang disajikan, lho! Nggak jarang ada suara rumput yang diinjak, gurun pasir yang menyengat, atau bahkan suara desisan ular yang kamu temui di hutan para peri. Semuanya bisa terjadi!


Rekaman dari Rumah? Nggak Masalah!

(foto:Unsplash)

Salah satu drama radio tertua, The Archers, mengaku mereka harus mulai rekaman dari rumah para masing-masing aktor sejak tanggal 4 Mei kemarin. Yap, The Archers sudah 'mengudara' sejak 29 Mei 1950 dan kini sedang memasuki episode ke 19200-an. Nah, kalau kamu tertarik bikin drama radio sendiri di rumah, kenyataannya nggak sesulit yang kamu bayangkan kok. Kamu perlu mempersiapkan skenario, peralatan, dan hal-hal lain yang disebutkan di sini nih. Selamat berpetualang dengan telingamu!


Share
Create Your Own Article!