Zetizen.jawapos.com – Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra Surabaya kembali menggelar acara tahunan bertajuk Bharatika Festival. Memasuki tahun kelima, acara ini sukses terselenggara meski terhalang pandemi Covid 19. Seseru apa sih acaranya?

Tetap Beri Kesempatan Luas Untuk Insan Muda Kreatif

(foto:Bharatika for Zetizen)

Tahun ini, Bharatika mengambil tema TitikTemoe dengan slogannya “Langkah awal menojoe satoe”. Tema kali ini diharapkan dapat menjadi sebuah wadah pertemuan antara anak-anak muda dengan ketertarikan terhadap seni memiliki wadah untuk menyalurkan kreativitasnya, berkumpul untuk menghasilkan sesuatu yang positif baik bagi diri sendiri maupun bersama. “Dengan menggunakan tema tersebut, kali ini Bharatika menggunakan grafis bertema Surabaya 1930an, dimana pada masa itu seluruh masyarakat masih bersatu dan memiliki satu tujuan yang sama.” Ujar Gabriela Wijaya, ketua Bharatika Creative Design Festival 2020.


Empat Kategori Lomba Diikuti Ratusan Peserta

(foto:Bharatika for Zetizen)

Karena range peserta lomba diikuti mulai dari SMA hingga level Universitas. Bharatika pun membagi tiap-tiap kategori berdasarkan pesertanya yaitu, Kategori Tirta (Desain Komunikasi Visual), Kategori Agni (Desain Interior), Kategori Bayu (Desain Produk), dan Kategori Buana (SMA). For your information, lomba-lomba ini berskala Internasional loh. Nggak heran deh kalau jumlah pesertanya mencapai lebih dari 400 orang. Pendaftaran melalui website dengan sistem online ini dibuka sejak 13 Februari 2020 sampai 15 Maret 2020. Kebayangkan gimana kompetitifnya perlombaan ini?


Sempat Terhalang Karena Covid

(foto:Bharatika for Zetizen)

Selain perlombaan, rangkaian acara dari Bharatika juga dimeriah dengan adanya Creative Talk, Workshop, Creative Market, Live Music dan Awarding Night. Seluruh rangkaiannya diadakan di Chameleon Hall Tunjungan Plaza Surabaya pada tanggal 17-19 April 2020. Unfortunately, seluruh kegiatan tersebut harus diurungkan dan Awarding Night dilakukan secara online melalui Live Youtube Bharatika Creative Design Festival pada tanggal 4 Mei 2020. “Kami memutuskan untuk mengadakan acara Bharatika secara online sebagai bentuk dari ketaatan dan kepedulian kami terhadap peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia” Lanjut Gabriela Wijaya.


Antusiasme Tetap Tinggi

(foto:Bharatika for Zetizen)

Eits, walaupun rencana berubah karena adanya pandemic, seluruh rangkaian acara yang dialihkan menjadi live streaming ini tetap menarik antusiasme peserta loh. Telah di tonton lebih dari 1.400 kali dengan beragam komentar positif, membuktikan bahwa acara dapat berjalan dengan baik hingga akhir dan mampu memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi semua teman-teman yang telah berpartisipasi. Bravo!

 


Share
Create Your Own Article!