zetizen.jawapos.com - Penyebaran virus COVID-19 yang nggak kunjung berhenti akhirnya memaksa munculnya kebijakan new normal untuk mempertahankan perekonomian di Indonesia. Eits, nggak sekedar melakukan kebiasaan baru. New normal yang dicanangkan punya beberapa fase. Apa aja?

Fase 1 (1 Juni): Restock Masker

(foto:Unsplash)

Untuk fase pertama new normal yang akan dimulai tanggal 1 Juni mendatang, mall dan pusat-pusat pembelanjaan masih belum beroperasi secara normal. Nah, tapi untuk toko-toko yang menjual fasilitas kesehatan dan masker sudah boleh buka dan beroperasi, nih.

Jadi, buat kamu yang mulai kehabisan stok masker, bisa mulai cari masker-masker baru per tanggal 1 Juni, ya. Eit, jangan lupa! Tetap ada peraturan bahwa di dalam satu ruangan cuma boleh maksimal 2 orang!


Fase 2 (8 Juni): Mall BUKA!

(foto:Unsplash)

Yap, sejak tanggal 8 Juni, mall-mall sudah diperbolehkan buka! Tentunya dengan protokol-protokol kesehatan yang sudah ditetapkan ya, Zet! Protokolnya pun nggak seketat biasanya. Intinya, tetap harus memperhatikan keramaian atau kerumunan di tiap toko.

Oh iya, buat jasa-jasa yang punya kontak fisik, seperti salon, pijat, dan spa, masih belum diperbolehkan, ya! Jadi, kalau kamu mau mulai perawatan diri, tunggu fase selanjutnya, ya!


Fase 3 (15 Juni): Salon, Olahraga, Museum, dan Sekolah

(foto:Unsplash)

Per tanggal 15 Juni, jasa-jasa dengan kontak fisik seperti salon, sudah boleh kamu manfaatkan. Lalu, olahraga di luar rumah juga boleh dilakukan dengan mentaati protokol yang sudah ditetapkan. Untuk sekolah, sudah boleh dimulai dengan menetapkan sistem shift sesuai dengan keadaan kelas, dan tempat-tempat wisata seperti museum sudah boleh dikunjungi namun tiketnya harus kamu beli secara online karena menghindari kontak fisik.


Fase 4 (6 Juli): Ibadah dan Makan Enak

(foto:Unsplash)

Di fase yang ke-4 ini, kegiatan keagamaan di tempat-tempat ibadah sudah dapat dilakukan dengan jumlah orang yang dibatasi. Nah, ada juga yang paling ditunggu-tunggu, makan enak. Yap, per tanggal 6 Juli, restoran dan kafe juga sudah mulai dibuka, tentunya dengan protokol kebersihan yang ketat. Oh iya, gym dan travel antar kota juga sudah bisa mulai kamu pakai fasilitasnya. Namun, tetap perhatikan segala anjuran dan jaga jarak, ya!


Fase 5 (20-27 Juli): Saatnya Berharap yang Lebih Baik

(foto:Unsplash)

Setelah melalui fase-fase yang ada sebelumnya, di fase ke-5 atau yang terakhir ini, akan dilakukan evaluasi menyeluruh terkait segala fasilitas dan kegiatan yang dilakukan dari fase-fase sebelumnya. Diharapkan saat fase ini, semua kegiatan ekonomi sudah berjalan dengan semestinya dan sudah dibuka tempat-tempat ataupun kegiatan sosial dengan skala yang lebih besar. Nah, harapannya setiap masyarakat Indonesia bisa tetap menjaga kebersihan dan ketertiban yang ditetapkan agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar dan menuju arah yang lebih baik.


Apa Sih Makna dari New Normal Ini?

(foto:Unsplash)

Karena vaksin untuk COVID-19 belum ditemukan, maka kita harus berjaga-jaga lebih jauh lagi agar dapat hidup seperti biasa namun dengan peraturan kesehatan yang berlaku. Nah, harapannya, lewat new normal yang dilakukan mulai tanggal 1 Juni nanti, masyarakat bisa menerapkan kehidupan yang normal dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, seperti menggunakan hand sanitizer, rajin cuci tangan, dan menjaga jarak saat sedang sakit.


Share
Create Your Own Article!