Zetizen.jawapos.com- Kebayang nggak bisa dapet kesempatan belajar di universitas bergengsi di dunia walaupun lagi di rumah aja? Apalagi materi-materinya unik dan anti mainstream. Dijamin masa-masa di rumah aja makin menyenangkan dan pastinya bermanfaat. Beberapa kampus dunia ini secara gratis memberikan online class dengan materi yang nggak biasa. Apa aja? Yuk intip, siapa tau kamu berminat! (Lia/Mel)

Harvard University

Foto: Forbes

1# Pelajari Seluk Beluk Hantu

Buat yang selama ini penasaran tentang ‘kehidupan’ hantu, program Shakespeare’s Hamlet: The Ghost milik Harvard University ini akan membawa kamu untuk mempelajari lebih jauh tentang salah satu tokoh hantu dari naskah milik William Shakespeare yaitu Hamlet. Selain belajar tentang asal usul hantu Hamlet, di program daring ini kamu juga akan belajar tentang kematian. Kalau kamu punya interest lebih dengan kisah-kisah makhluk astral dan ingin mencoba menampilkannya dalam sebuah karya atau tulisan, kelas ini bakal membantumu untuk menafsirkan roh diatas panggung, layar atau tulisan secara tepat dan menarik.

2# Asiknya Belajar Kuliner dari Sisi Sains

Emang bisa belajar kuliner dari sudut pandang sains? Jawabannya ada di program Science & Cooking: From Haute Cuisine to Soft Matter Science. Program ini bakal mengajarkan kita tentang teknik memasak tradisional sampai modern dengan menggunakan prinsip fisika dan kimia. Beberapa yang akan diajarkan adalah tentang elastisitas sebuah makanan bahkan sampai teknik memanggang, loh! Syarat utama untuk ikut program ini adalah pemahaman yang baik tentang matematika dasar dan aljabar. Semoga setelah ikut kelas ini, jadi terjawab mengapa donat harus memiliki lubang ditengahnya. Hihi!

 

The University of Newcastle Australia

Foto: British Council

1# Belajar Dongeng Lebih Jauh

Buat yang masa kecilnya suka banget dengerin dongeng sebelum tidur, pernah kebayang nggak sih kenapa para penulis begitu cerdik sehingga kita benar-benar bisa masuk kedalam cerita tersebut? Sekarang saatnya kamu belajar tentang Fairy Tales: Meanings, Massages dan Morals di The University of Newcastle Australia. Program ini akan membawa kita lebih jauh memaknai sebuah dongeng berdasarkan pemikiran penulis. Karena bisa saja ternyata makna yang dimaksud cerita berbeda jauh dengan makna yang kita pikirkan sebagai pembaca awan. Selain membawa kita kembali ke masa kecil, dari program ini kita jadi tau juga bahwa budaya-budaya tertentu akan mempengaruhi bagaimana dongeng di representasikan.

 

Massachusetts Institute of Technology

Foto: Studi Abroad

1# Bikin Start Up Anti Ribet

Jaman sekarang bisnis start up memang terlihat menggiurkan. So, sebelum memulainya, pastikan kamu ikutan program Startup Success: How to Launch a Technology Company in 6 Steps milik MIT ini. Program ini lebih berfokus pada diskusi mengenai bagaimana cara yang tepat merintis bisnis start up. Mulai dari perencanaan, mengetahui apa aja tantangannya sampai tentang leadership juga akan kamu dapatkan. Semua itu bakal terangkum dalam 6 langkah yang mudah kamu pahamk.

Tsinghua University

Foto: Tsinghua.edu

1# Belajar Seni Merangkai Bunga

Kata siapa merangkai bunga gak perlu teknik khusus? Ternyata ada cara dan tekniknya sendiri loh! Seperti yang kita ketahui, pada dasarnya setiap bunga punya filosofi berbeda ketika dijadikan sebuah karya seni. We know kalau Jepang memang terkenal dengan teknik merangkai bunganya. Di Tsinghua University China ini, kamu juga akan di ajarkan tentang teknik seni merangkai bunga khas Negeri Tirai Bambu dan Sakura lewat program Flower Arrangements in China and Japan. Di program ini, kamu bakal banyak belajar tentang etika-etika dalam merangkai bunga sampai memahami kaitannya dengan kehidupan. Program ini adalah salah satu bagian dari bidang seni dan budaya yang ada di Tsinghua University. Menarik banget bukan?

Berkeley University of California

Foto: Berkeleyside

1# Merasa Nggak Bahagia? Pelajari Dulu Ilmu Kebahagiaan

Kalau kamu saat ini merasa kurang bahagia, buruan ikutan program The Science of Happiness milik Berkeley University of California. Disini kamu bakal belajar tentang psikologi positif tentang prinsip dan praktik berbasis sains untuk kehidupan yang  lebih bahagia dan  bermakna. Jadi, kamu bakal tau gimana cara meningkatkan kebahagiaan untuk dirimu sendiri atau orang lain. Intinya kamu bakal dapat kunci menuju kebahagiaan dengan cara menciptakan pikiran  mental yang baik sampai bagaimana cara memberikan perhatian yang tepat. Pengin membahagiakan doi? Coba aja ikut kelas ini, kali aja bisa langsung dipraktekkin kan?

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!