zetizen.com - Penyebaran virus COVID-19 yang nggak selesai-selesai bikin kangen nonton di bioskop nggak, sih? Biar mengobati rasa kangenmu, kenapa kamu nggak coba buat bikin bioskopmu sendiri? Yap, salah satu ruangan di rumahmu bisa disulap jadi bioskop mini yang super nyaman, lho! Penasaran caranya? Cek di sini, yuk!

Mulai dari Tentukan Ruangan

(foto:Unsplash)

Ruangan jadi faktor yang penting kalau kamu mau mulai membuat bioskopmu sendiri di rumah. Kenapa? Yang pertama, cahaya. Sadar nggak sih, kalau kita bakal lebih enjoy buat nonton film-film pilihan kita dalam keadaan ruangan yang gelap? Sama seperti di bioskop yang selalu matiin semua lampunya waktu film-nya mau dimulai.

Alasan kedua, suara. Nah, biar bioskop bikinanmu tetep on-budget, ada baiknya kamu perhatikan ruangan yang sudah tersedia di rumahmu. Bakal bagus kalau ruanganmu sudah beralaskan atau bahkan berdinding karpet. Hal ini bisa memaksimalkan suara yang bakal kamu dengar karena karpet nggak memantulkan suara yang keluar.


Pikirkan Tempat Duduk 'Penonton'

(foto:Unsplash)

Kamu mau duduk di kursi, sofa, atau bahkan sambil rebahan di kasur? Nggak masalah, kok! Yang jelas, kamu harus tahu dulu sejauh mana kamu akan menikmati film yang bakal kamu pilih. Buat yang nontonnya butuh baca subtitle, usahakan jangan terlalu jauh, tapi juga jangan terlalu dekat. Pencahayaan yang minim di ruangan bakal bikin mata kita lebih fokus pada cahaya yang muncul, kok! Jadi, pastikan jarak tonton yang seaman dan senyaman mungkin agar mata nggak sakit saat menonton.


Pake Proyektor atau Layar Biasa, Nih?

(foto:Unsplash)

Nah, pakai proyektor tentu bakal bikin sensasi menontonmu lebih terasa. Tapi, nggak ada salahnya juga kok kalau kamu mau tetap stay on budget dengan menggunakan layar yang sudah ada seperti televisi atau monitor. Perlu diperhatikan juga, kalau kamu menggunakan proyektor, maka kamu perlu tempat untuk 'menembak' bayangan dari proyektor tersebut. Nah, kamu bisa pakai kain polos berwarna putih atau tembok putih untuk kamu jadikan layar proyektormu.

Pemilihan layar ini bakal berdampak besar sama experience nontonmu, lho! Seperti jumlah penonton yang mungkin dan bagaimana kenyamananmu saat membaca subtitle nantinya. Layar yang besar tentunya bisa dinikmati lebih banyak orang, tapi butuh budget lebih seperti peralatan atau bahkan sesimpel download/streaming film dengan resolusi yang lebih besar.


Siapkan Cemilan

(foto:Unsplash)

Enaknya nonton di rumah adalah kamu bisa bebas makan dan minum apa aja yang kamu mau. Kamu bisa bikin popcorn versimu sendiri pakai 'bumbu-bumbu' yang kamu punya di rumah, seperti keju, karamel, atau sekadar garam biasa. Kamu juga bisa bikin cemilan lain versimu dan yang pasti usahakan jangan yang berkuah atau susah dibersihkan, ya! Apalagi kalau ruanganmu sudah beralaskan karpet. Bisa mager bersihinnya!


Ajak Keluarga atau Teman!

(foto:Unsplash)

Setuju nggak kalau nonton bakal makin seru kalau nontonnya rame-rame? Nah, kamu bisa ajak keluarga atau temen-temen terdekatmu buat mampir ke 'bioskop mini'-mu ini. Kalau sudah nonton bareng-bareng, tentunya kamu harus menyesuaikan film yang bakal kamu tonton, dong? Biar nggak bingung, Zetizen sudah punya beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba di sini dan di sini. Selamat menonton!


Share
Create Your Own Article!