zetizen.jawapos.com- Karena semua serba work from home, hampir semua kegiatan belajar mengajar dari jenjang sekolah menengah, perguruan tinggi, sampai pegawai kantor pun mulai beralih memanfaatkan aplikasi Zoom. Bersamaan dengan semakin melejitnya aplikasi ini, beredar pula kabar kurang sedap mengenai keamanan penggunaan aplikasi Zoom. Kira-kira masih aman nggak ya pakai aplikasi ini? (Pra/Mel)

Dalam dua bulan pertama di tahun 2020, platform video conference, Zoom telah mendapatkan lebih dari 2 juta pengguna baru. Itu sebelum WHO mengumumkan pandemi virus corona yang sekarang juga melanda Tanah Air, penggunanya jadi jauh lebih banyak. Tapi dari awal terkenalnya platform ini, berita negatif juga nggak berhenti tersebar. Mulai dari pembajakan sampai “Zoom-bombing”.

Keduanya terjadi ketika kita sedang menjalankan sesi video conference, lalu ada anonim yang join untuk mengganggu jalannya sesi. Zoom telah memperbaiki isu ini pada pembaruan versi 5.0, supaya Zoom Meeting lebih aman dan terenkripsi. Selama rapat atau kegiatan belajar mengajar menggunakan ID atau kata sandi khusus, sudah pasti akan aman dari pembajakan.

Lalu bagaimana dengan berita laptop atau smartphone yang diretas ketika melalukan panggilan melalui aplikasi Zoom? Berbagai pengamat meragukan keaslian info tersebut. Karena memang aplikasi Zoom tidak dirancang untuk dapat mengendalikan perangkat lain seperti TeamViewer. Pun jika memang terjadi, hal tersebut bukan karena digunakannya aplikasi Zoom, melainkan program lain seperti remote control.

Hmm, kalau udah kayak gini, ada nggak ya cara supaya hal tersebut tidak terjadi? Ada kok! Caranya dengan mengunduh aplikasi Zoom dari situs resminya. Kalau kamu unduh dari situs sembarangan, ada kemungkinan program sudah diberikan aplikasi atau malware tambahan yang memungkinkan peretas untuk akses file pribadi. Selama kamu menggunakan versi terbaru dari situs resmi, dijamin aman, deh!

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan platform video conference open source, seperti Jitsi Meet. Platform yang satu ini bisa digunakan secara gratis, bahkan tanpa perlu registrasi akun. Kamu hanya perlu akses situs resminya di meet.jit.si, membuat URL yang unik, lalu membagikannya ke teman atau rekan kerja. Selama sesi berlangsung, kamu juga bisa memanfaatkan fitur serupa dengan Zoom seperti berbagai layar, sampai meneruskan sesi video ke YouTube secara langsung.

Well, apapun pilihan aplikasinya, stay safe dan gunakan internet dengan bijak ya!

Share
Create Your Own Article!