Zetizen.jawapos.com - Pernah nggak sih berpikir, kok bisa seorang penyiar radio ngomong berjam-jam dengan asik walaupun lagi sendiri? Selain itu, pekerjaan ini terlihat memiliki jam kerja yang cenderung fleksibel dan pasti menyenangkan terutama untuk kamu yang suka dengerin musik. Bekerja di radio dijamin nggak akan membuatmu stress dan bakal terhibur setiap saat. Eits, tapi sebelum kamu tertarik menerjuni profesi ini, pastikan dulu kalau kamu punya skill-skill di bawah ini ya!

Pede Disegala Situasi

(foto:Fuji Sun)

Pede alias percaya diri adalah modal utama untuk menjadi seorang penyiar. Karena walaupun cuma suara kamu aja yang bakal tampil di depan pendengar, tapi rasa gugup saat siaran pasti tetap ada. Kalau kamu punya tingkat pede yang tinggi, otomatis kamu akan dengan sangat mudah menyampaikan informasi tersebut dengan yakin. Ketika seorang penyiar grogi, otomatis suara dan intonasi yang dihasilkan cenderung gagap dan kurang nyaman di dengar.

So, kamu wajib banget untuk belajar bagaimana meningkatkan kepercayaan diri saat menerjuni profesi ini. Tapi, nggak usah khawatir karena practice make perfect. Semakin tinggi jam siarmu, dijamin tingkat kepedean akan terus menambah kok!


Humble Dan Mudah Bergaul Dengan Orang Baru

(foto:123RF)

Nggak jarang seorang penyiar radio punya banyak fans dan otomatis menjadi publik figur karena menjadi sorotan pendengarnya. Jadi, kamu wajib punya sikap humble dan ramah saat bertemu dengan pendengar yang mungkin akan datang untuk menemuimu setelah siaran. Selain itu, supaya meningkatkan kedekatan antara penyiar dengan pendengar atau penyiar dengan narasumber yang dihadirkan, sikap yang ramah akan membuat orang lain merasa nyaman dan itu membuat pendengar akan makin setia menunggu jadwal on air-mu.

Kalo bisa bikin orang lain merasa nyaman nantinya juga akan mendorong pendengar untuk aktif berpartisipasi selama siaranmu berlangsung. Dijamin programmu akan makin sukses dengan traffic yang tinggi!


Bisa Bahasa Inggris Jadi Poin Plus

(foto:Topcareer.id)

Sebagai seseorang yang berinteraksi langsung dengan narasumbernya, skill berbahasa asing sangat perlu untuk diperdalam. Misalnya, Justin Bieber lagi dateng ke Indonesia dan main ke radiomu nih. Karena bisa saja kamu akan bertemu dan langsung dengan Justin Bieber, kan nggak asik kalau kamu harus memakai jasa translator di tengah-tengah siaran.

Mengobrol langsung akan lebih efektif karena informasi yang kamu gali tentu semakin dalam. Jadi nggak karna gaya-gayaan aja loh penyiar itu harus bisa bahasa Inggris, karena skill ini akan memudahkan dan menunjang pekerjaanmu menjadi penyiar.


Pelajari Mengatur Speed dan Artikulasi

(foto:free pic)

Males banget nggak sih kalau dengerin radio tapi penyiarnya punya artikulasi yang nggak jelas alias kalau ngomong seperti orang lagi kumur-kumur nggak jelas? Nah, fatal akibatnya kalau kamu memaksa on air ketika kamu belum paham bagaimana artikulasi yang jelas dengan speed berbicara yang tepat. Intonasi pun berpengaruh loh. Jadi, usahakan kamu memainkan intonasi supaya pendengar nggak bosan mendengarkan suaramu.

Kalau kamu flat dengan intonasi yang datar, takutnya informasi yang ingin kamu sampaikan justru nggak diterima dengan baik di telinga pendengar. Pelafalan kalimat pun juga disesuaikan dengan poin mana yang harus di ucapkan dengan lebih tegas. Banyak mendengarkan referensi bisa jadi salah satu latihannya.


Up to Date itu Wajib!

(foto:Chicago Tribun)

Bukan rahasia umum lagi kalau penyiar harus jadi orang pertama yang tau soal berita terkini. Karena selain menghibur, tugas penyiar juga harus memberikan informasi kepada pendengarnya. Materi siaran harus mengikuti isu apa yang emang lagi ramai dibicarakan orang-orang. Dengan begitu, orang akan merasa relate dan terus mendengarkan tiap segmen yang kamu bawakan.

So, keep up to date adalah syarat mutlak untuk kamu yang ingin menjadi seorang penyiar. Nggak cuma informasi terkini aja yang harus up to date, urusan lagu dan musik pun juga harus kamu kuasai. Karena profesi ini sangat dekat dengan musik, wawasan musik yang luas harus kamu miliki untuk menunjang pekerjaanmu sebagai seorang penyiar.

Udah siap buat latihan dan jadi penyiar handal? Keep practices dan pantang menyerah ya!


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!