zetizen.jawapos.com- Nggak hanya perangkat elektronik seperti smartphone atau TV aja yang bisa tersambung dengan internet, rumahmu juga bisa makin canggih dengan menyulapnya jadi smart home. Nggak hanya makin canggih, ada kelebihan lain yang cuma dimiliki oleh smart home lho. Apa aja? Intip yuk pembahasan berikut ini! 

Lebih Hemat Energi

Karena semua perangkat elektronik yang ada di rumah sudah tersambung dengan integrasi Internet of Things (IoT) sangat memungkinkan perangkat elektronik ini bisa mengatur daya secara otomatis berkat sensor inframerah yang ada di aplikasi atau alat yang tersambung.

Misal ketika kamu meninggalkan rumah, alat-alat elektronik seperti TV, kulkas, dan AC bisa mati secara otomatis. Alat-alat elektronik yang telah terhubung dengan aplikasi atau perangkat tertentu juga secara otomatis bisa mendeteksi kapan harus menyalakan mode hemat energi atau mematikan perangkat secara otomatis ketika sudah tidak digunakan.

source: Xiaomi

Minim Biaya Pengeluaran

Selain hemat energi, kamu juga bisa menghemat biaya dengan memanfaatkan teknologi smart home. Dengan menyetel setiap penggunaan perangkat yang tersambung ke smartphone-mu, kamu juga bisa lebih mudah memantau penggunaan energi setiap alat-alat elektronik yang digunakan.

Beberapa perangkat juga menyediakan fitur timer atau energy saving mode sehingga biaya listrik rumah juga nggak membengkak. Hemat energi dan hemat uang, such a great deal right?

Rumah jadi Lebih Aman dan Nyaman

Mewujudkan rumah yang aman dan nyaman tentu impian semua orang, kan? Nah, sama halnya dengan smart home yang bisa kamu integrasikan dengan perangkat untuk meningkatkan keamanan rumahmu.

Mulai dari kamera CCTV, alarm, dan sensor yang secara progresif bisa mendeteksi apabila ada gangguan atau ancaman asing yang berusaha mengganggu kenyamanan dan keamanan rumah. Kamu juga bisa memantau secara remote, misalnya ketika sedang mudik. Sangat praktis bukan?

source: fibaro

Bikin Rumah Lebih 'Awet'

Pastinya kita semua pengen punya rumah yang bisa ditinggali dalam jangka waktu panjang tanpa kendala yang mengganggu dan udah terintegrasi dengan teknologi terkini yang mudah dioperasikan. Yup, smart home menjawab kekhawatiran orang-orang akan rumah konvensional dengan pengawasan minim dan teknologi yang belum mumpuni. Dengan smart home kamu udah siap untuk tinggal dengan kecanggihan teknologi yang bakal melingkupi hampir sebagian besar hidup kita nantinya.

Mulai dari sekolah, pekerjaan, dan kembali ke rumah kamu akan terbiasa dengan teknologi-teknologi canggih yang akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Gambaran masa depan bisa kamu mulai dari rumahmu sendiri dengan menerapkan smart home.

So, udah mulai kepikiran nanti kalo udah punya rumah buat menerapkan smart home? Better you try it, because it's practical and saving energy!

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!