Zetizen.jawapos.com - Siapa nih yang punya mimpi buat sekolah di luar negeri? Well, pastinya kita pernah dong punya keinginan setidaknya sekali aja ngerasain suasana sekolah di negera orang. Selain karena dorongan kualitas pendidikan tentu kita juga punya alasan-alasan pendorong lain yang bikin kita pengen sekolah di luar negeri. Tapi, beda ceritanya kalo alasan kamu sekolah di luar negeri kayak beberapa statement di bawah ini. Mending pikirin dulu dengan matang deh. (Lia/Mel)

Pengin Mengenal Budaya Negara Laim

(foto:Walletline)

Ya emang sih kamu bakal banyak bertemu dengan orang baru dari berbagai belahan dunia lain selama sekolah di luar negeri. Tapi menyesuaikan diri dengan budaya dan kultur baru itu nggak semudah itu, loh. Misalnya, saat kamu berada di lingkungan yang sama dengan orang lain yang mungkin memiliki kebiasaan buruk seperti kurang memperhatikan kebersihan atau sikapnya cenderung ‘keras’, kamu harus siap-siap menerima orang-orang dengan latar belakang yang jauh berbeda dengan kebiasaanmu. Kalo gak siap, memungkinkan juga kita bisa kena culture shock karena membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Adanya perbedaan  budaya yang mencolok ini adalah hal pertama yang pasti harus kamu lalui. Kalau kamu nggak bisa menyesuaikan perbedaan ini, homesick dan nggak betah adalah vibes yang akan kamu rasakan sehari-hari. Jadi pastiin dulu, kamu beneran bisa berbaur atau nggak nih.


Bisa Jalan-Jalan Terus

(foto:Info Studi Luar Negeri)

Kamu tau nggak sih kalau beban belajar di luar negeri itu lebih besar di bandingkan di Indonesia? Kalau di Indonesia, kamu mungkin bisa hangout bareng teman-teman setiap weekend atau di sela-sela waktu belajar. Tapi jangan harap tujuanmu jalan-jalan saat studi di luar negeri bakal selancar itu, ya. Karena banyak loh pelajar luar negeri yang setiap harusnya berhadapan sama tugas yang seabrek dengan waktu istirahat yang minim.

Apalagi, tingkat kesulitan ujian di luar negeri juga punya standar yang berbeda dengan ujian di Indonesia. Jadi, kamu harus mastiin kamu bener-bener siap dengan belajar secara maksimal. Kalau mau maksa jalan-jalan sih bisa, tapi emangnya kamu mau mengorbankan jerih payah mu buat belajar di luar negeri cuma untuk sekedar foto-foto di media sosial?


Seru Karena Bisa Ngerasain Banyak Musim Berbeda

(foto:Harvard University)

Wajar sih kalau kita yang dari negara tropis ini pengen ngerasain msuim-musim lain yang ada di luar negeri. Pasti udah bayangin kan gimana enaknya berangkat sekolah sambil menikmati perubahan musim? Tapi tentu kita butuh persiapan dan adaptasi lebih, mulai dari fisik dan psikologis. Belum lagi kalau kita gak pinter buat jaga kesehatan di setiap pergantian musim, nanti gampang banget buat nge-drop. Aaplagi tubuh kita yang terbiasa terpapar iklim hangat harus mampu beradaptasi dengan cepat di pergantian cuaca yang ekstrem. Nah, udah siap belum kamu ngadepin yang satu ini?


Jadi Lulusan Luar Negeri Pasti Terjamin

(foto:Point Loma Nazarene University)

Kualitas diri ditentukan oleh dirimu sendiri. Kalau niatmu sekolah di luar negeri cuma untuk gaya-gayaan aja tanpa di dukung prestasimu selama proses belajar, mending nggak usah jauh-jauh ke luar negeri. Karena biaya yang kamu keluarkan harus sebanding dengan kualitas dirimu selama studi di luar negeri. Apalagi buat kamu yang mendapatkan beasiswa, kamu punya kewajiban lebih untuk melakukan studimu dengan baik dan tepat waktu. Jangan sampai ilmu yang selama ini udah kamu dapetin disana terbuang sia-sia karena nggak kamu dedikasikan untuk negara asalmu.

Pastikan alasanmu studi ke luar negeri nggak sebatas alasan-alasan di atas, ya! Ingat niatmu untuk menimba ilmu dan bisa memberi kontribusi ketika kembali ke Indonesia! Massive tons of luck buat para pelajar Indonesia di luar sana!


Share
Create Your Own Article!