zetizen.jawapos.com- Emang kenikmatan maraton film atau serial favorit di waktu senggang saat di rumah nggak ada yang ngalahin. Apalagi kalo udah nggak ada tanggungan tugas atau ujian, puas banget rasanya buat nonton banyak judu. Nah, biar aktivitas binge-watching-mu lebih sehat dan terkontrol, simak deh beberapa hal berikut ini!

Kurangi Cemilan atau Junk Food


Cemilan atau jajan emang udah jadi jodoh paling klop tiap kali kita lagi maraton film. Apalagi kalau cemilannya produk-produk makanan siap saji atau kemasan. Pasti nikmat tiada tara kan? Eits, tapi jangan lupa sesuatu yang instan bisa perlahan-perlahan membunuhmu. Mungkin gak secara langsung kerasa, tapi kalau kita terlalu banyak makan cemilan atau junk food dengan porsi yang berlebihan, siap-siap buat diserang berbagai macam penyakit nantinya.

Mulai dari diabetes, stroke, sama tekanan darah tinggi, hmmm pasti gak mau dong pastinya kesenangan kita malah bisa membunuh nantinya? Sebagi gantinya kamu bisa mulai menyiapkan cemilan atau makanan buatan rumah. Selain bisa diatur porsinya, makanan buatan rumah juga lebih terjamin kan kebersihannya? Happy cooking and watching!


Cari Waktu Rehat Sesekali


Waktu kita lagi binge watching, hampir selama berjam-jam waktunya selalu kita habiskan sambal duduk. Terlalu lama duduk juga gak baik untuk aliran darah dan kesehatan fisikmu. Badan jadi mudah pegal-pegal nantinya. Menua sebelum waktunya, pasti kamu gak mau, kan? Nah, di sela-sela serunya film atau serial yang kamu tonton, coba pause sesekali untuk melakukan exercise ringan.

Misal dengan melakukan gerakan peregangan tangan dan pinggul. Curi waktu buat olahraga tipis-tipis lah istilahnya. Atau mungkin kalau bosen, kamu juga bisa lari-lari kecil untuk mengelilingi rumah, hitung-hitung biar kakimu juga ikut bergerak.


Lakukan 20-20-20 Vision

(foto:University of California)

Kelamaan liat layar laptop, hp, atau TV seringkali bikin mata kita bisa lebih cepat lelah, kering, dan sakit. Hal ini disebabkan karena layar dari perangkat elektronik tersebut terdapat ‘blue light’ yang langsung bereaksi dengan retina mata kita. Untuk meminimalisir rasa sakit tersebut, coba deh terrapin 20-20-20 vision yang dicetuskan oleh Dr Christopher Starr, dokter mata dari Weill Cornell Medical College University.

Caranya  gampang kok, jadi setiap 20 menit sekali alihkan pandangan dari layar ke benada atau tempat yang jaraknya 20 kaki dari tempatmu dan lihatlah selama 20 detik. Versi sederhananya sih jangan lupa untuk mengedipkan mata dengan frekuensi normal supaya mata kita tetap lembab dan gak kering.

 


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!