Zetizen.jawapos.com - Punya teman dan sahabat itu priceless. Meski terpisah jarak, tapi mereka tetap bisa bikin kita senang sekaligus termotivasi. This is why, jangan lakukan 5 hal yang bikin mereka kesal. Apa aja?

Posesif

(foto:Netflix)

Sama halnya seperti ke pacar, ngeposesifin sahabat itu nggak banget deh. Apalagi kalau kamu nuntut untuk dia selalu komunikasi tanpa henti. Dari jarak yang jauh, kamu nggak akan tau bagaimana kesibukannya melewati dunia yang baru. Jadi walaupun komunikasi emang harus tetap terjalin, ruang untuk sendiri tetap diperlukan. Satu hal lagi yang terpenting adalah, jangan sampai kamu marah hanya karena dia lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman-temannya. Sebagai manusia biasa, in real life dia pasti tetap membutuhkan teman baru, tapi bukan berarti kamu dilupakan begitu aja kok. Chill aja bruh!


Nolak Ketemu atau Telfon Dengan Alasan Nggak Logis

(foto:Digital Spy)

Jujur adalah kunci dari segala hubungan, begitu juga soal persahabatan. Jarak jauh pasti membuat sosmed atau telfon jadi penghubung yang tepat. Buat yang males angkat telfon dari teman karena nggak mood buat telfonan, just tell the truth! Nggak usah pakai alasan-alasan nggak logis untuk nolak. Dengan berkata jujur, sahabatmu pasti akan mengerti dan memberikan kamu ruang lebih. Begitu juga buat ketemuan. Kalau emang kamu lebih memilih ketemu pacar dari pada hangout bareng sahabat, coba bilang dengan jujur. Tapi jangan lupa untuk menjadwalkan ulang waktu meet-up bareng sahabatmu. Kebohongan kecil yang terus menurus dilakukan secara nggak langsung bakal merusak hubunganmu dengan sahabat.


Lupa Hal-hal Penting Tentang Sahabatmu

(foto:BBC)

Ada yang bilang, sosmed itu ampuh untuk memantau keadaan teman tanpa harus menanyakan kabar. Masih banyak kok pertemanan langgeng walaupun hanya sekedar menjadi viewer dalam Instagram story. Walaupun jarak ketemu karena terpisah jarak, jangan sampai kamu lupa hal-hal penting dalam hidupnya. Misal tanggal ulang tahun atau mungkin saat mendengar kabar kalau akhirnya temanmu sudah wisuda. So, kalaupun emang nggak bisa berkabar setiap saat, mengingat hal-hal terpenting dalam hidup sahabatmu bakal membuat dia merasa lebih spesial dan sadar kalau kamu masih peduli walaupun terpisah jarak.


Gosipin Dari Jarak Jauh

(foto:Photodune)

Jangan mentang-mentang udah jarang ketemu, kamu jadi bisa bebas untuk gosipin sahabatmu dengan orang lain. Kalau emang ada masalah, siapa pun harus bertanggung jawab untuk menyelesaikannya. Menggosipkan keburukan sahabat cuma akan memperkeruh suasana. Apalagi hubunganmu pasti bakal canggung atau rusak ketika dia tau bahwa selama ini kamu udah nggosipin dia dibelakang. Emangnya kamu juga mau keburukanmu jadi bahan gosipan?


Terlalu Asik Sama Teman Baru

(foto:Reader's Digest)

Punya teman baru nggak masalah. Asal kamu tetap memberikan waktu untuk berkomunikasi dengan sahabatmu walau sekedar lewat sosial media. Sesekali bahkan akan lebih seru kalau kamu memperkenalkan teman barumu ke sahabatmu. Tapi, kamu juga harus ingat, ketika sahabatmu membutuhkanmu, bagilah waktumu untuk mendengarkan keluh kesahnya juga. Menjaga pertemanan jarak jauh emang gampang-gampang susah. Karena mengatur ego bukan hal yang mudah.


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!