zetizen.jawapos.com- Ragu dengan berita yang disebarkan oleh salah satu anggota keluargamu di grup chat? Empat situs ini bisa menjadi penyelamatmu dari berita-berita yang belum valid kebenarannya.

Botometer

Situs yang satu ini berfungsi untuk mendeteksi akun Twitter yang berpotensi menyebarkan berita atau informasi palsu yang diunggah oleh akun asli atau yang telah di program bot. Cara penggunaannya juga cukup simpel, dengan menulis nama akun yang dirasa memiliki rekam jejak menggugah konten berita palsu atau berpotensi dijalankan oleh sebuah program bot di kolom pencariannya.

Snopes

source: Snopes

Telah berjalan sejak tahun 1994, situs Snopes menjadi salah salah satu portal yang bisa dipercaya untuk mencari beberapa fakta atau kebenaran dalam sebuah informasi yang tersebar di internet. Snopes juga menyediakan beberapa kategori spesifik untuk masing-masing berita, informasi, foto atau video untuk dicek validitasnya. Beberapa kategori tersebut adalah true, false, mixture, mostly true, mostly false, outdated, misattributed, miscaptioned, dan lainnya. Situs ini juga menyediakan daftar situs-situs berita palsu yang sebaiknya dihindari.

NewsGuard

NewsGuard sendiri merupakan semacam aplikasi yang secara otomatis bisa mendeteksi kredibilitas sebuah situs melalui rating atau simbol yang menunjukkan seberapa valid informasi pada situs tersebut. Dengan mendowload aplikasi ini, apabila kita mulai mencari suatu informasi di Google, ketika muncul hasil pencarian yang diinginkan akan muncul rating atau simbol disamping judul atau link pada untuk mengetahui seberapa valid informasi yang  ada pada situs tersebut dapat diterima.

FactCheck

source: FactCheck

Situs yang satu ini memberikan beberapa pilihan kategori untuk melihat validitas sebuah informasi yang tersebar di internet. Mulai dari mengecek kebenaran informasi tentang virus COVID-19, berita viral, hingga hal-hal yang berbau sains semua bisa dicek terlebih dahulu dengan memanfaatkan fasilitas pencarian yang ada di situs ini.

Yuk, kita untuk sama-sama memerangi berita hoax dan mengurangi penyebaran misinformasi!

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!