zetizen.jawapos.com- Kalau kamu udah jalan-jalan ke mall, apa yang berbeda dari manekin yang dipajang di gerai pakaian? Mereka semua pakai masker! Sejak pandemi COVID-19, masker memang menjadi salah satu barang wajib ketika keluar rumah, bahkan bisa kena hukuman atau nggak diizinkan untuk masuk ke tempat-tempat tertentu kalau nggak pakai masker. Uniknya, kini masker selain jadi kebutuhan sekarang juga jadi pelengkap penampilan dengan motif dan desainnya yang semakin modis.

Masker kain jadi pilihan

Karena kita harus menghindari masker bedah dan N95 untuk para tenaga medis, pilihan terbaik akhirnya jatuh ke masker kain. Meskipun tidak setangguh dua masker sebelumnya, masker kain bisa mengurangi penularan virus lewat batuk maupun bersin.

Masker scuba (sumber gambar: Kompas)
Masker scuba (Foto: Kompas)

Bahan masker kain yang digunakan juga bermacam-macam. Dilansir dari Medical News Today, masker ini bisa menggunakan kain katun, sifon, sampai sutra dan kamu pun bisa mengkombinasikannya lho! Yang seringkali ditemui adalah masker kain berbahan scuba atau neoprene karena bahannya yang nyaman dan stretchy.  

Media mengekspresikan diri

Masker memang menutup ekspresi orang yang memakainya. Maka dari itu, banyak orang kreatif yang menyesuaikannya dengan personal style mereka agar mereka tetap bisa bebas berekspresi lewat motif-motif yang ada di masker.

celebrities using facemask
Alessandra Ambrosio (kiri) dan Ariana Grande (kanan) memakai masker bercorak (Foto: USA Today)

Contohnya, Ariana Grande mengenakan face mask dengan hiasan kupu-kupu tiga dimensi di bagian atasnya. Sedangkan Alessandra Ambrosio, model Victoria Secret, memakai masker dengan motif bunga-bunga. Mana yang menurutmu paling stylish?

Dipadukan dengan motif tradisional

face mask handicraft
Masker dengan motif tradisional (Foto: Euronews)

Apa kamu bosan masker kain dengan motif cetak? Ada pilihan lain yang nggak kalah bergaya yaitu masker dengan hiasan sulam atau rajut. Mengutip dari TRT World di kanal YouTube mereka, masker jenis ini bisa digunakan untuk menunjukkan traditional handicraft. Meski motifnya diberi sentuhan tradisional, kamu tetep bisa kok memadupadankan dengan fashion look modern yang lagi tren saat ini!

Jadi barang wajib di fashion week

Nggak dipake dalam keseharian aja, pemakaian masker juga menjadi hal wajib di fashion week, terutama London Fashion Week pada Februari lalu. Meskipun saat itu penyebaran COVID-19 masih empat kasus di luar London, tapi orang-orang sudah mulai mengantisipasi penyebarna virus tersebut dengan memakai masker. Apalagi, banyak bahan tekstil di Eropa yang rata-rata berasal dari China.

face mask london fashion week
Potret orang-orang mengenakan masker di acara London Fashion Week (Foto: Metro)

Menariknya lagi , di bulan September 2019 lalu, beberapa model tampak memakai masker selama catwalk di Paris Fashion Week untuk koleksi Spring/Summer 2020. Tentunya potret ini menunjukkan bagaimana masker saat ini bukan hanya sebagai kebutuhan untuk terhindari dari penyakit, tapi juga sebagai simbol dari perkembangan fashion items terkini.

paris fashion week face mask
Desain masker yang dikenakan model dalam Paris Fashion Week (Foto: BBC)

 Apapun motif atau bentuknya, jangan lupa untuk selalu memakai masker saat keluar rumah ya! Stay safe everyone!

Editor: Melisa Nirmala Dewi

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!