Zetizen.jawapos.com- Sebelum kamu beli beauty products entah makeup atau skincare, pernah nggak sih kamu lihat logo dan ingredient list-nya terlebih dahulu? Sama halnya ketika kamu cek kadar MSG di snack yang kamu makan, sebaiknya kamu juga harus mulai aware apa saja yang kamu taruh untuk perawatan wajahmu. Produk mahal belum tentu kualitasnya sesuai dengan kebutuhanmu. So, better dicek dulu fakta dibalik produk-produk kecantikan yang kamu pakai. 

Eh, memang perlu ya tahu label produk kecantikan?

Absolutely! Skincare dan beauty products melakukan kontak langsung lho sama kulitmu. Mereka bisa jadi salah satu penyebab kulitmu jadi terlihat kusam kalau kamu nggak tahu apa isi dari produk itu.

label produk kecantikan
Ingredient list dalam produk kecantikan (Foto: Oprah)

Dengan tahu label produknya, kamu juga dapat memastikan kalau produk itulah yang benar-benar kamu butuhkan. Ingin kulit lembap? Cari yang ada glycerin atau hyaluronic acid. Kesal sama jerawat? Temukan yang ada kandungan salicylic acid. Kamu juga perlu tahu bahan-bahan yang bisa membuat kulitmu iritasi atau alergi seperti produk yang mengandung kandungan alkohol atau fragrance. Jadi, kamu nggak asal men-stereotype merek atau produk tertentu.

Saat paham labelnya, berarti kamu adalah konsumen yang smart. Soalnya, nggak semua yang dibilang di iklan itu benar lho! Mereka bisa aja mengklaim produknya, “mengandung olive oil murni” tapi ternyata letak ingredient itu ada di urutan paling akhir, yang artinya kandungan olive oil-nya cuma sedikit.

Kepoin daftar kandungannya

“Gimana tahunya, itu semua tulisan bahan kimia atau bahasa yang aku nggak ngerti?” Google it! Sebelum kamu beli, cek dulu setiap bahan yang ada di daftar kandungannya. Terus, cek 5-6 bahan pertama karena itu yang jadi 80 persen kandungan dalam produknya.

Kalau kamu bingung entah kandungan itu bagus atau nggak, Felicia Lee dari Beauty Within menyarankan kamu untuk cek situs Ingredient Dictionary dari Paula’s Choice. Kamu tinggal ketik aja nama bahannya, dan situs itu akan memberi label Best, Good, or Bad pada setiap kandungannya.

skincarisma
Situs web SkinCarisma untuk rekomendasi produk sesuai tipe kulitmu (Foto: SkinCarisma)

Cari yang lebih simpel? Kunjungi SkinCarisma. Di sana, ada list beberapa produk lokal Indonesia yang sudah terdaftar. Jadi, kamu bisa langsung tahu fungsi dari kandungannya (untuk UV Protection, brightening, atau acne-fighting). Plus, mereka langsung ngasih tahu apakah produk itu cocok sama tipe kulit kamu.

Jangan tertipu sama logo

Dikutip dari HuffPost, banyak negara sudah mulai menerapkan regulasi untuk kosmetik atau skincare yang cruelty free alias nggak melakukan tes produknya ke hewan. Tapi, nggak sedikit brand yang hanya memanfaatkan nama “no animal tested” sebagai bentuk pemasaran aja lho!

Terlebih lagi, nggak ada standar yang sama dari setiap organisasi berwenang mengecek proses itu. Dilansir American Spa, hanya ada tiga organisasi di dunia yang official untuk menetapkan apakah suatu produk bebas dari pengetesan hewan. Mereka adalah Leaping Bunny, Beauty Without Bunnies, dan Choose Cruelty Free (CCF).

logo cruelty free official
Logo untuk produk yang animal cruelty-free (Foto: The Magnet Tribune)

 

Begitu juga dengan produk yang mengklaim dirinya “natural products”. Kamu tetap wajib lihat lagi kandungan yang tertera di labelnya, ya! Bisa aja itu hanya gimmick buat memancing pembeli.

Educate yourself! Biar kamu nggak gampang ketipu sama kakak-kakak cantik di counter atau package yang menggemaskan

Editor: Melisa Nirmala Dewi

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!