zetizen.jawapos.com- Pernah nggak sih kamu udah mengikuti setiap langkah skincare routine, mulai dari cuci muka sampai apply sunscreen, tapi wajah kamu malah breakout? Hmm, mungkin kita aja nih yang kurang aware kalau di setiap produk skincare ada banyak bahan kimia aktif, yang kalau dicampur jadi bahaya banget buat kulit. Biar lebih berhati-hati saat memilih produk skincare, perhatiin 4 kombinasi bahan skincare berikut yang wajib dihindari biar kulit tetap glowing.

Benzoyl Peroxide + Vitamin C

Vitamin c
Vitamin C untuk mencerahkan wajah (Foto: Hello Magazine)

 

Masa remaja bisa dibilang masa-masa emas buat gampang jerawatan. Nah, Benzoyl Peroxide bisa jadi sahabat kamu untuk mengatasi peradangan dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Vitamin C sendiri berfungsi untuk mencerahkan kulit serta menghilangkan bitnik-bintik hitam. Sounds good, right?

Tapi, kalau kamu pakai kedua bahan itu bersamaan, siap-siap besok paginya kulit akan terlihat kusam seperti apel yang sudah lama dikupas. Bahan Benzoyl Peroxide akan mengoksidasi Vitamin C yang malah membuat kerjanya terhambat, begitu juga dengan sebaliknya. Beda efeknya kalau kamu gabungin Vitamin C  dengan Vitamin E yang bagus buat melawan jahatnya sinar UV!

Mix Semua Produk Eksfoliasi

Eksfoliasi
Chemical vs Physical Exfoliation: Pilih salah satu aja ya! (Foto: makeup.com) 

 

Eksfoliasi sebenarnya bagus banget buat kulit kamu! Apabila dilakukan dengan step yang benar, proses eksfoliasi ampuh banget buat mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa membantu produk skincare kamu bisa lebih mudah terserap di kulit. Proses eksfoliasi sendiri dibagi menjadi dua, yaitu eksfoliasi fisik dengan menggunakan sikat wajah atau scrub dengan butir-butir halus, dan eksfoliasi kimia yang pakai bahan AHA dan BHA.

Kalau kamu mencampur kedua proses itu secara bersamaan bisa-bisa keseimbangan pH akan terganggu dan kulit akan jadi super kering. Jadi, pakai face cleansing brush dengan produk AHA BHA is a big no, ya! Cukup eksfoliasi maksimal dua minggu sekali dan pilih salah satu cara aja.

Retinol + AHA BHA/Benzoyl Peroxide/Vitamin C

retinol
Efek retinol bagus banget kalau kamu pakai dengan benar! (Foto: Huffington Post)

 

Baru-baru ini, retinol jadi bahan yang banyak dibahas oleh kalangan beauty influencers karena dipercaya punya segudang manfaat Retinol masuk ke kategori Vitamin A yang bisa meregenerasi sel kulit wajah dan membuat tekstur kulit jadi lebih rata.

Itu berarti, fungsinya beda jauh sama produk yang mengandung AHA BHA yang memiliki fungsi untuk menghilangkan sel kulit mati. Kalau dua-duanya kamu pakai bareng, kulitmu jadinya bingung dong mau menghilangkan daki atau meregenerasi kulit.

Retinol juga nggak boleh kamu campur sama Benzoyl Peroxide karena efeknya akan bertentangan juga. Begitu pula dengan produk skincare yang ada Vitamin C-nya. Biar lebih aman, mending kamu aplikasikan Retinol dan Vitamin C secara bergantian. Misal pada siang hari untuk Vitamin C dan malam harinya kamu apply Retinol.

Face oil + Hyaluronic Acid

Kandungan hyaluronic acid
Hati-hati pakai hyaluronic acid (Foto: Hearts Apps) 

 

Sebenarnya, aman-aman ajakamu pakai kedua bahan ini. Tapi, kamu harus mengaplikasikan face oil di step terakhir setelah apply moisturizer. Soalnya, skincare routine wajib dilakukan dari yang komposisinya paling ringan ke yang paling berat. Jadi, mulai dari toner, essence, serum, cream, baru mengaplikasikan oil.

Nah, hyaluronic acid yang berfungsi bikin kulit lembap ini biasanya ditemukan di toner atau serum. Kalau kamu pakai face oil dulu, dia akan menutup jalan toner atau serum-nya dan kelembapan dalam hyaluronic acid nggak bakal bisa terserap sama kulit. 

Jadi, jangan asal coba produk skincare ya! Perhatikan bahan-bahan aktif di dalamnya biar hasilnya maksimal dan nggak buang-buang duit.

 Editor: Melisa Nirmala Dewi

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!