Zetizen.jawapos.com - Mengelola bisnis milik pribadi emang susah-susah gampang, karena selain memiliki niat untuk menjalankan, kita juga harus siap menghadapi struggle yang bakal dilalui kedepannya. Tapi buat yang masih ragu enaknya bikin bisnis apa ya yang cocok untuk pemula kamu bisa mulai mencoba bisnis party planner. Yuk, intip beberapa tips dari Radella Decoration yang bisa kamu ikuti kalo tertarik untuk memulai bisnis party planner! 

1# Harus Kreatif di Tengah Budget Tipis

Foto: Radella Decoration For Zetizen

Bisnis dekorasi biasanya dimulai dari berapa budget yang diberikan klien kepada kita. Jadi, kamu harus banget punya kemampuan untuk putar otak menjadi lebih kreatif dengan budget yang seminim mungkin. “Kalau di Radella Decoration, harga memang tergantung dari event yang diinginkan. Mulai dari table setting, backdrop dan dekor semua ada range harganya. Kami selalu mengusahakan semua terlayani dengan keinginan dan budget klien,” ujar Zhariya, selaku owner dari Radella Decoration.

2# Mulai dari yang Kecil

Foto: Radella Decoration For Zetizen

Sukses emang dimulai dari hal-hal kecil. Jadi jangan ragu untuk ambil beberapa event kecil selama kamu merintis usaha ini. Karena semakin kamu sering mengambil event-event kecil, kamu juga akan semakin terbiasa untuk mempersiapkan event dengan gaya yang berbeda  dan terus bereksplorasi. Selain bikin ‘portofolio’ dekorasi, akan lebih baik kalau kamu mengambil acara kecil tapi dengan frekuensi yang cukup sering dibandingkan dengan menghandle acara besar tapi hanya sesekali aja. Ini berlaku untuk semua bisnis, ya. Karena sudah hampir 4 tahun ada di bisnis ini, saat ini Radella Decoration bahkan pernah meng-handle 30 event dalam satu hari loh. Daebak!

3# Bikin Branding yang Kuat

Foto: Radella Decoration For Zetizen

“Radella Decoration terkenal dengan istilah spesialis dadakan. Bahkan kami pernah menerima order di hari yang sama dengan waktu acara,” ujar Zhariya. Jurus rahasia ini lah yang membuat Radella Decoration tetap bertumbuh sejak tahun 2016. Tanpa ada minimal hari untuk reservasi membuat Radella Decoration punya ciri khas tersendiri. Jadi, kalau kamu ingin menjalani bisnis party planner, yuk mulai sekarang branding usahamu dengan baik. Karena usaha ini memiliki pesaing yang cukup besar, jadi pastikan kamu punya ciri khas, ya.

4# Incar Orang-orang Terdekatmu

Foto: Radella Decoration For Zetizen

Cari klien dari yang deket-deket dulu aja, guys. Misal sahabatmu yang sedang berulang tahun atau saudaramu yang sedang menyiapkan pernikahan. Semua jaringan pertemanan itu bisa banget untuk jadi ajang promosi paling gampang. Eits, tapi jangan pelit untuk mengeluarkan biaya promosi juga. Dengan memberikan diskon-diskon tertentu untuk promosi, setidaknya kamu bisa mengambil kesempatan untuk semakin melebarkan usahamu tersebut.

Selamat mencoba buat kamu yang tertarik memulai usaha ini!

In collaboration with Radella Decoration (@radella_decoration)

Editor: Melisa Nirmala Dewi

Share
Create Your Own Article!