zetizen.com - Ajaran tahun baru sudah dimulai! Biasanya sebelum hari pertama sekolah, kamu perlu menyiapkan buku tulis untuk mencatat apa yang diajarkan sama guru di kelas. Tapi, materi pelajaran dan tugas-tugas sekarang dikirim secara online. Jadi, nggak efektif kalau kamu harus menyalin catatan ke buku tulis, kan? Daripada ribet begitu, yuk coba aplikasi yang bisa membantumu bikin catatan secara digital!

 

OneNote

Kalau laptop kamu sudah ter-install aplikasi Office dari Microsoft, OneNote sudah sepaket dengan program-program lainnya, kok! Fitur-fiturnya mirip banget dengan yang kamu temukan di Word, seperti mengetik, membuat tabel, atau meng-highlight tulisan. Yang berbeda, kamu bisa corat-coret layaknya di Paint dan melampirkan gambar, PDF, audio, bahkan video.

OneNote digital notetaking app
Bagian-bagian OneNote yang menggantikan binder kamu (Foto: webdesign.com)

Punya beberapa chapter dalam satu pelajaran? Tenang, kamu nggak perlu membuat file terpisah kayak Word karena OneNote bisa dijadikan 'binder'! Aplikasi ini terbagi jadi Notebook, Section, dan Page. Misal, kamu membuat notebook untuk mata pelajaran IPA dan membagi section-nya menjadi biologi, fisika, dan kimia. Terus, buat page untuk materi tentang magnet yang bakal masuk ke section fisika. Nggak perlu deh, bikin folder lagi!

 

Notion

Apa kamu merasa pembagian dalam OneNote membuat catatanmu terbatas? Kalau gitu, bikin halaman sekreatif mungkin di Notion! Aplikasi ini juga nggak hanya untuk notetaking, tapi juga fitur to-do list, jadwal rencana belajar, sampai reminder buat deadline tugas. Selain itu, Notion didukung dengan beberapa template catatan yang bisa kamu unduh secara gratis seperti class notes atau cornell notes system.

notion digital notetaking app
Notion untuk catatan sekolah (Foto: The Verge)

Interface-nya juga sangat simpel. Jadi, kamu bisa fokus dengan isi catatannya. Tinggal klik “/” dan pop-up berisi fitur-fitur akan muncul. Mau buat rumus matematika? Bisa. Mau meng-highlight tulisan atau mengganti warna? Gampang banget. Buat kamu yang sudah terlanjur membuat catatan lewat Google Doc atau PDF, Notion memberi fitur Import agar lebih mudah dalam memindah catatan.

 

Foxit Reader 

Foxit Reader adalah jawabannya kalau kamu pengin 'corat-coret' langsung di file PDF. Toh, jenis file dari PowerPoint atau Word bisa kamu export jadi PDF, kan?

Aplikasi digital notetaking ini sudah mewadahi keperluanmu untuk highlight tulisan dan memberi sedikit tulisan di pinggir halaman. Untuk catatan yang lebih panjang, kamu bisa menambahkan memo semacam sticky notes gitu.

foxit reader digital notetaking
"Sticky notes" dalam Foxit Reader (Foto: AfterDawn)

Kamu pun nggak perlu mencetak latihan soal hanya untuk di-scan dan dikirim lagi ke gurumu. Cukup klik Typewriter dan ketik langsung jawabannya di sana. Foxit Reader juga memberikan fitur bookmark lho! Nggak perlu lagi deh scroll sampai capek untuk melihat halaman yang kamu cari.

 

GoodNotes atau MetaMoji Note

good notes notetaking app
Manfaatkan stylus pen-mu pakai aplikasi GoodNotes (Foto: GoodNotes Blog)

Buat kamu yang nggak mau meninggalkan rasa memegang pulpen, manfaatkan stylus pen kamu lewat aplikasi GoodNotes untuk produk Apple atau MetaMoji Note untuk pengguna Android. Kedua aplikasi ini benar-benar terasa seperti buku tulis sungguhan!

Kamu bisa pilih jenis tampilan kertas kayak grid, dotted, atau polos, plus macam-macam ukurannya. Jenis pen-nya juga tersedia dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Seru banget, kan? Kalau ada yang salah tempat atau typo, tinggal undo atau pindah saja pakai section tool.

Aplikasi digital notetaking nggak hanya membuatmu jadi lebih efektif dan kelihatan canggih. Tapi, juga bisa menghemat kertas dan menyelamatkan lingkungan dengan menjadi bagian dari paperless society!

Editor: Kevin Christian

Share
Create Your Own Article!