zetizen.com - Empat bulan sudah pembelajaran online berlangsung. Bahkan, semester selanjutnya pun terancam dihabiskan di rumah saja. Pas sudah muncul perasaan sedih dan gelisah, konsentrasi pecah, motivasi turun, hingga tidur terganggu, bisa mengakibatkan cabin fever syndrome, lho! Hal itu terjadi karena area gerak kita terbatas dan sulit terhubung ke dunia luar. Tenang, ada beberapa tips biar nggak gampang stres selama belajar di rumah saja. Check this out!

 

Membuat Jadwal Harian

Tugas makin numpuk dan nggak mudeng karena materinya disampaikan lewat online? Bukan alasan untuk membuatmu fokus terus sama tugas sekolah. Dwi Nikmah Puspitasari, Dosen Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang, menyarankan untuk bikin jadwal harian biar produktivitasmu tetap terjaga.

Jadwal ini bikin kamu nggak gampang bosan, gelisah, atau overwhelmed gara-gara bergelimang tugas. Soalnya, jadwal harian bisa membantumu untuk set boundaries dengan menentukan kapan saja kamu belajar, main, dan tidur.

aplikasi membuat jadwal harian
Kamu bisa bikin jadwal harian dari ponselmu (Foto: Daily Mail)

Selama di rumah, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kamu lakukan lho! Kamu bisa declutter alias beres-beres rumah, makeover ruangan biar nggak bosan, dan main sama hewan peliharaan.

 

Keluar Rumah? Tetap Perhatikan Protokol Kesehatan, Ya!

Karena di rumah aja bisa bikin bosan setengah mati, kamu mulai galau enaknya keluar rumah atau nggak. Dwi menganjurkan kamu untuk tetap mematuhi aturan pemerintah #dirumahaja, ya!

Tapi, kalau untuk sekadar jalan-jalan sebentar cari udara segar, boleh kok sesekali. Asal, tetap jaga jarak dan pakai masker. Hindari juga kerumunan atau tempat ramai yang rawan penularan virus.

memakai masker keluar rumah
Jangan lupa pakai masker setiap keluar rumah (Foto: The Journal Publications)

 

Tetap Menjalin Komunikasi yang Baik

video call dengan teman
Video call bareng teman-teman (Foto: Digital Trends)

Nggak bisa dipungkiri kalau belajar di rumah bikin kangen teman-teman, guru, dan suasana sekolah. Manfaatkan gadget kamu sebaik-baiknya buat "kumpul" bareng teman-temanmu. Banyak pilihan aplikasi sudah tersedia kok, mulai Zoom sampai Google Meeting.

Selain connect sama orang-orang di luar sana, jangan lupa untuk tetap menjalin komunikasi sama orang rumah. Soalnya, keluarga di rumah adalah orang-orang yang bakal lebih sering berinteraksi dengan kamu. Gadget memang bikin yang jauh jadi dekat, tapi jangan sampai bikin yang dekat jadi jauh.

 

Waktunya Eksplorasi Diri

Kamu punya minat musik? Atau kepo soal video editing buat jadi content creator? Ini saat yang tepat untuk menggali potensimu lebih dalam. Stella Sriwulandari, seorang ahli psikologi klinis anak dan remaja, bilang kalau kegiatan positif mengeksplor diri sangat ampuh untuk mengusir stres belajar di rumah saja. Kenali kegiatan yang kamu sukai dan kembangkan. Misalnya olahraga, seni, atau musik.

belajar video editing dari rumah
Belajar video editing dari rumah saja (Foto: IDN Times)

 

Jangan Lupa Bergerak Aktif

"Selama di rumah saja, energi yang besar akan menumpuk dan menimbulkan perilaku negatif seperti mudah marah, sedih, atau pikiran negatif lainnya," ujar Stella.

Duduk terlalu lama main game atau mengerjakan tugas juga nggak baik, lho! Penelitian dari Harvard bilang kalau kebanyakan duduk menyebabkan mati muda! Jadi, sebaiknya kamu tetap bergerak aktif dengan olahraga ataupun permainan. Kalau bingung mau exercise seperti apa, coba cek aplikasi dan channel YouTube olahraga, deh.

exercise at home
Tetap bergerak aktif di rumah (Foto: The New York Times)

 

Dari tips-tips di atas, mana yang mau kamu lakukan dulu?

(Editor: Kevin Christian)

Share
Create Your Own Article!