Zetizen.jawapos.com – Nggak banyak orang yang tahu bahwa mencuci muka dengan intensitas yang berlebih justru akan merusak skin barrier. Tetapi, jarang mencuci muka pun akan memicu banyak masalah kulit. Agar hasilnya maksimal, ini nih empat waktu yang tepat untuk mencuci muka agar terhindar dari banyak masalah kulit. (Lia)

Bangun Tidur

(foto:Medical News Today)

Mencuci muka di pagi hari sangat dianjurkan oleh para ahli. Karena selama kita tidur, beberapa kotoran masih mengendap walaupun kamu sudah membersihkannya sebelum tidur. Tetapi, cara mencuci muka pada pagi hari pun bergantung pada jenis kulitmu, loh. Menurut Dokter Yessica Tania atau akrab dipanggil dr.ziee dalam akun TikTok-nya mengatakan bahwa pemilik kulit sensitif cenderung kering atau sedang berjerawat lebih baik mencuci muka tidak menggunakan sabun. Cukup hanya dengan air atau usap dengan tonner aja. Dengan begitu, kulit wajahmu akan jauh lebih sehat karena keseimbangan alami kulitmu tetap terjaga.


Setelah Olahraga

(foto:Money Crasher)

FYI, setelah berolahraga keringat yang muncul bisa menjadi sarang kuman. Keringat pun akan mudah memicu tumbuhnya jerawat. Jadi, kamu wajib banget untuk mencuci muka dengan sabun setelah workout apalagi kalau kamu memiliki tipe kulit berminyak. Setelah mencuci muka usahakan kamu mengusapnya dengan handuk bersih agar kulitmu tidak iritasi. Jangan lupa untuk memilih face wash sesuai dengan jenis kulitmu dan non-comedogenic, ya.


Setelah Pakai Make-up

(foto:The Mirror)

Kalau kamu tipe orang yang memakai make-up setiap harinya, double cleansing harus banget untuk kamu lakukan. Setelah menggunakan make-up remover, step mencuci muka nggak boleh sampai terlewat. Sisa make-up yang masih menempel di wajah akan menyumbat pori-porimu dan akan menimbulkan banyak masalah kulit. Selain tidak boleh terlalu sering, mencuci muka juga tidak baik dilakukan terlalu lama, loh. Cukup 30 detik sampai 1 menit saja, lalu bilas dengan air bersuhu ruangan


Sebelum Tidur

(foto:Woman's Health )

Malam hari adalah waktunya sel-sel beregenerasi, jadi jangan sampai kamu tidur dengan keadaan muka yang belum bersih. Dengan mencuci muka pada malam hari atau sebelum tidur, kamu telah mempersiapkan agar kulitmu ‘bekerja’ secara maksimal pada malam hari. Malas membersihkan muka sebelum tidur bisa memicu datangnya komedo, jerawat bahkan noda hitam lainnya.

So, jangan sampai lewatkan empat waktu ini ya!


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!