zetizen.com - Kamu tipe orang yang suka belajar sendiri atau belajar kelompok nih? Selain seru dan nggak bikin bosen, belajar atau ngerjain tugas secara berkelompok punya keuntungannya tersendiri, lho. Penasaran? Check this out!

Jadi Lebih Paham Materi

(foto:Unsplash)

Seorang associate professor bidang Seni dan Sains di Universitas Washington, Keith Sawyer, mengungkapkan, "Saat siswa belajar dan mendengarkan guru atau dosen di kelas, fokus mereka hanya untuk mencatat. Sementara dalam aktivitas belajar kelompok, mereka bisa berinteraksi secara dinamis sehingga materi lebih mudah dicerna."

Nggak perlu takut untuk bertanya ke temanmu saat belajar kelompok! Karena suasana belajar yang lebih nyaman dan dekat denganmu, kamu harusnya jadi bisa bebas bertanya apapun tanpa merasa canggung. It's a good way to study! Jadi lebih paham materi, deh.


Say No to Procrastinating!

(foto:Unsplash)

Kerja tugas secara berkelompok bisa bikin tugasmu lebih cepat selesai, lho. Waktu kamu kumpul bareng temen-temenmu buat ngerjain sesuatu, pastinya ngerasa nggak enak kan, kalau kamu malah males-malesan? Nah, hal yang sama juga bakal dirasakan sama temen-temenmu. Jadinya, semua bakal fokus buat kelarin tugas dulu baru lanjut aktivitas seru-seruan lainnya.


Nggak Kerasa Capek

(foto:Unsplash)

Setuju nggak sih, kalau segala sesuatu yang dilakukan bareng temen-temen itu nggak kerasa capek? Nah, sama banget kaya belajar! Ketimbang belajar bareng guru atau dosen yang cuma ketemu di kelas, belajar bareng temen bakal lebih cepat nyambung karena sudah lebih sering spend time bersama. Selain itu, karena kamu belajar di luar kelas, kamu jadi bebas menentukan tempat belajarmu yang kamu rasa nyaman dengan teman-temanmu. Jadi makin nggak kerasa deh capeknya!


Kenyang

(foto:Unsplash)

Hayo ngaku, siapa yang kalau kerja kelompok lebih banyak nyemilnya ketimbang belajarnya? Hihihi. Memang nggak lengkap kalau seru-seruan bareng temen tanpa ditemenin cemilan. So, nggak cuma otak aja yang keisi ilmu, tapi perut juga. Eit, tapi tetep pilih camilan yang ringan dan nggak ribet, ya! Biar belajarmu nggak malah keganggu karena repot ngurusin makanannya ketimbang bukunya.


Share
Create Your Own Article!