zetizen.jawapos.com- Setiap negara punya cara tersendiri untuk menerapkan sistem pendidikan yang pas untuk mengembangkan potensi dan kemampuan muridnya. Kita bisa melihat bagaimana sistem pendidikan yang baik bisa membentuk insan penerus bangsa yang berkualitas pula. Negara-negara ini sudah membuktikkan kualitas pelajarnya melalui sistem pendidikan terbaik yang telah mereka terapkan.

Inggris

Membahas tentang negara mana yang paling diburu sebagai tempat sasaran untuk bersekolah di luar negeri, Inggris pasti masuk di salah satu list tersebut. Yup, Inggris adalah negara yang memiliki kualitas pelajar terbaik yang ditunjang dengan sistem pendidikan yang mumpuni. Melansir dari hasil data yang dilakukan oleh Countries With the Best Education System Inggris berhasil menempati peringkat pertama yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia tahun 2020 ini. Beberapa penilainnya sendiri dilihat dari beberapa aspek, seperti fasilitas sekolah yang disediakan, tingkat lulusan sekolah dasar, menengah, dan sarjana, hingga kemampuan literasi.

source: FutureLearn

Sistem pendidikan di Inggris sendiri terbagi menjadi empat tingkatan yang terdiri atas primer, sekunder, tingkat lanjut, dan sekolah tinggi. Keunggulan dari sistem pendidikan di Inggris sendiri adalah bagaimana mereka mnempa minat dan bakat murid-muridnya sejak dini untuk bisa mengasah kemampuan sesuai dengan skill yang dimiliki. Tidak heran kita bisa melihat bagaimana anak-anak muda di Inggris telah mempunya kemampuan kognitif yang kritis dalam hal akademis dan aktif dalam bidang non-akademis. Sekolah-sekolah di Inggris juga memperbolehkan murid-muridnya untuk bisa menamatkan sekolah terlebih dahulu, seperti di tingkat perkuliahan yang bisa diselesaikan dalam waktu tiga tahun dan mahasiswa postgraduate bisa lulus dalam waktu satu tahun. Efisiensi waktu belajar inilah yang menjadikan Inggris sebagai sasaran pelajar internasional.

Inggris juga menawarkan pilihan yang luas kepada murid-muridnya dalam memilih sejumlah mata pelajaran yang berbeda untuk dijadikan spesialisasi yang sesuai keinginan pelajar sehingga tidak membatasi ruang lingkup peluang mereka untuk berkembang di bidang-bidang tertentu. Ketika lulus, pelajar yang berasal dari lulusan universitas di Inggris juga berkesempatan untuk bisa merasakan pengalaman kerja atau magang yang dibayar dalam hitungan waktu per jam  dengan jumlah bayaran yang adil. Buat kamu yang tertarik untuk studi di Inggris bisa mampir ke beberapa website-website resmi yang menyediakan informasi seputar study exchange atau scholarship program seperti https://study-uk.britishcouncil.org/.

Australia

source: UniMelb

Negara tetangga kita yang satu ini juga dikenal dengan sistem pendidikannya yang promising dan sering menawarkan program beasiswa bagi pelajar luar negeri. Australia sendiri menempati peringkat ketiga setelah Inggris dan Amerika Serikat di rankig survey yang dilakukan oleh Countries With the Best Education System. Tingkat pendidikan di Australi sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yakni primer, sekunder, dan tersier. Tingkat primer adalah tingkat  dasar mulai dari TK hingga sekolah dasar dengan lama pendidikan enam tahun. Sekunder adalah tingkat menengah, mulai dari kelas 7 hingga kelas 12 dimana sistem kelasnya sendiri berpindah-pindah di setiap mata pelajaran yang bisa dipilih dan sesuai dengan minat murid. Terakhir adalah tingkat tersier yang dibagi menjadi dua jenis, TAFE dan perguruan tinggi. TAFE sendiri sekolah khusus di bidang teknik atau vokasional. Sedangkan untuk program perguruan tinggi seperti perguruan tinggi pada umumnya dimana mahasiswa bisa memilih program studi sesuai minat masing-masing.

Sistem penidikan di Australia juga menyediakan Australian Qualifications Framework (AQF) yang memberikan layanan bagi pelajar untuk bisa men-tracking masa pendidikan yang telah dienyam dan informasi up to date untuk mengetahui kualifikasi skill pelajar sebagai persiapan memasuki dunia kerja nantinya. Informasi lebih lanjut seputar studi di Australia sendiri bisa kamu dapatkan secara lengkap di https://www.studyinaustralia.gov.au/.

Denmark

source: Scholarships position

Sistem pendidikan di Denmark pada perkembangannya sering dijadikan acuan oleh negara-negara lain, terutama dalam menerapkan metode pembelajaran. Denmark menerapkan penggabungan antara pendidikn formal dengan nonformal (kursus) untuk menciptakan prosi yang seimbang oleh para murid untuk bisa mengenbangkan potensi di dua jenis pendidikan tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi diskriminasi yang seringkali mengabaikan pendidikan nonformal, padahal bisa saja murid lebih potensial di bidang yang dia pelajari di pendidikan nonformal.

Kelebihan-kelebihan lain dari sistem pendidikan yang diterapkan di Denmark sendiri antara lain bagaimana metode pembelajaran dilakukan dengan bermain sambil belajar, menggabungkan kurikulum pendidikan dengan sumber daya digital, dan mempertahankan nilai-nilai budaya di linkungan sekolahnya. Kita juga bisa menemui beberapa jenis sekolah di Denmark yang terbagi menjadi sekolah negeri (folkeskole), sekolah independen di daerah pedesaan (friskoler), sekolah independen di daerah perkotaan (privatskoler), dan sekolah privat. Kalau kamu tertarik dengan informasi seputar pendidikan di Denmark, bisa langsung akses di website https://studyindenmark.dk/.

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!